ngaji-algibran.png

ICMI: Perlu Komitmen Terus Merawat Persatuan dan Kebhinekaan Indonesia

Syahrul Hidayanto 13 June 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Guna terus merekatkan kehidupan bernegara sehingga persatuan dan kesatuan Indonesia tetap terjaga, amat perlu kesadaran dan komitmen dari seluruh komponen anak bangsa agar menghormati kemajemukan yang hidup di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pakar ICMI Zulkifli Hasan, dalam acara Curah Rasa dan Pendapat Tokoh Nasional, di Gedung MPR, Jakarta, Selasa (13/6).

"Dalam upaya untuk mempersatukan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, menuju masa depan yang lebih baik," ucap Zulkifli.

Zulkifli mengungkapkan, sejarah bangsa Indonesia harus mampu mencegah terjadinya perpecahan yang diakibatkan persoalan klasik. Paling utama, menurut Zulkifli, hancurnya persatuan dan kesatuan akibat mengabaikan kepentingan bangsa. 

Zulkifli menyebutkan, tidak mampunya mengelola kemajemukan serta tidak siapnya masyarakat Indonesia menerima kemajemukan berpotensi mengakibatkan berbagai gejolak yang membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Dalam sejarah perjalanan negara Indonesia sejak sebelum kemerdekaan sampai saat ini, telah terjadi pergolakan, kerusuhan, dan kurang stabilnya dalam pemerintahan negara yang disebabkan oleh berbagai akibat. Antara lain, penyalahgunaan kekuasaan, tidak siapnya masyarakat menghormati perbedaan pendapat dan kemajemukan, maraknya korupsi, kolusi dan nepotisme," tutur Zulkifli.

Zulkifli berpendapat, demi terwujudnya cita-cita luhur bangsa Indonesia, perlu arah kebijakan sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat merawat kebhinekaan Bangsa Indonesia.*** (L/CH)

Artikel Terkait

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved