ngaji-algibran.png

ICMI Imbau Semua Masyarakat Peduli Korban Gempa Bumi NTB

redaksi 8 August 2018 comments ICMINews
Jakarta, ICMI Media - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) menyampaikan keprihatinan dan duka yang mendalam kepada warga di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di Lombok, yang mengalami gempa bumi dalan sepekan terakhir.
 
"ICMI turut berduka cita kepada masyarakat NTB terkait bencana alam gempa bumi yang terjadi," ujar Sekretaris Jenderal ICMI DR M Jafar Hafsah, Senin (6/8).
 
Dirinya menuturkan bahwa semua masyarakat Indonesia harus bahu membahu untuk membantu saudara setanah air yang sedang mengalami bencana gempa bumi ini.
 
Jafar meminta, seluruh masyarakat Indonesia jangan sampai diam dan tak bersimpati terhadap kesulitan serta duka yang dialami saudara sebangsanya di provinsi NTB.
 
Jafar mengajak untuk saling membantu terhadap korban bencana alam gempa bumi di provinsi NTB agar beban kesulitan yang dirasakan dapat berkurang.
 
"ICMI mengajak semua komponen masyarakat untuk saling bekerja sama dalam membantu korban bencana gempa bumi yang terjadi di NTB," kata Jafar.
 
Jafar juga menyoroti mengenai kesigapan aparatur terkait dalam penanganan korban gempa bumi di provinsi NTB. Tindakan aparat yang cukup cepat diapresiasi diapresiasi oleh ICMI.
 
Menurut Jafar, tindakan aparat terkait yang cepat ikut mendukung kecilnya dampak akibat bencana alam gempa bumi yang terjadi di NTB. Apalagi, ucap Jafar, turut dibantu oleh warga lainnya sehingga penanganan akibat gempa bumi semakin cepat.
 
"Apresisasi terhadap tindakan cepat pemerintah bersama masyarakat lainnya dalam menangani dampak bencana," kata Jafar.
 
Diketahui, dalam sepekan terakhir provinsi NTB diguncang bencana alam gempa bumi pada Minggu (29/7) dan Minggu (5/8). Gempa bumi yang pertama terjadi berkekuatan 6,4 skala richter kemudian disusul kedua sebesar 7,0 skala richter. 
 
Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban jiwa akibat bencana gempa bumi Minggu (5/8) sebanyak 91 orang meninggal dunia dan 209 orang luka-luka.
 
Wilayah Kabupaten Lombok Utara merupakan lokasi dengan jumlah korban jiwa terbanyak yaitu 72 orang meninggal dunia dan 64 orang luka-luka. (tys/cr)

Artikel Terkait

Silaknas ICMI di Lampung Jadi Sejarah

redaksi 19 September 2018

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2018 ICMI | All Rights Reserved