close

Cermati Hal Ini Saat Putuskan Rental Genset

Mati lampu merupakan peristiwa yang sangat biasa terjadi di Indonesia. Bagi rumah tangga mungkin hal ini tidak berdampak cukup besar, tetapi lain hal dengan skala perusahaan. Imbasnya cukup besar, mulai dari bagian produksi yang terhenti, packing barang yang terhambat, atau bahkan meeting penting yang tertunda. Untuk menghindari kejadian-kejadian seperti ini, perusahaan membutuhkan adanya genset. Yaitu alat yang berfungsi untuk menyuplai aliran listrik selama beberapa saat.

Jika dilihat dari fungsi tersebut, maka keberadaan genset sangat dibutuhkan. Namun, karena harganya yang mencapai ratusan juta (genset skala besar), perusahaan pun berpikir ulang untuk menyediakan fasilitas tersebut. Pasalnya, genset juga hanya digunakan untuk waktu-waktu tertentu saja. Sehingga rental genset murah lebih banyak dilirik. Namun, perhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan penyedia jasa rental :

Daftar Isi

1. Ketersediaan Genset

Kebutuhan listrik setiap perusahaan mungkin saja berbeda, terutama untuk industri pertambangan. Oleh karena itu, pastikan jasa penyedia rental tersebut memiliki pilihan genset yang beragam. Sehingga cukup menyewa satu genset saja untuk menghemat pengeluaran dan mempermudah proses pembayaran.

2. Perhatikan Kebersihan Genset 

Tampilan genset yang bersih dan terawat merupakan salah satu indikasi tentang kinerja penyedia jasa rental. Hal ini memiliki peranan yang cukup penting, agar operasional genset dapat berjalan dengan lancar. Saat dibutuhkan, genset dapat menyala tanpa ada kendala.

3. Pelayanan Pelanggan

Keseriusan seseorang dalam menjalankan usaha dapat dilihat dari pelayanan terhadap pelanggan. Perhatikan kesigapan mereka dalam melayani dan memahami kemauan pelanggan. Jangan memilih pihak penyedia jasa dengan sistem kerja yang terlihat terlalu santai, kurang disiplin, serta pengetahuan tentang produk kurang. Karena dapat dipastikan, mereka pun kurang paham tentang kasus pelanggan.

4. Fasilitas Pendukung

Meskipun banyak rental genset murah, tetapi pastikan mereka memiliki fasilitas pendukung yang memadai. Misalnya, kesanggupan untuk mengganti jika terjadi kerusakan yang bukan disebabkan oleh kelalaian perusahaan. Serta memiliki mekanik sendiri untuk menangani masalah serta pemeliharaan genset. Tidak sembarang mekanik, tetapi yang benar-benar sudah berpengalaman dan paham mengenai mesin genset.

Keempat hal di atas harus benar-benar dipertimbangkan, karena penyewaan genset biasanya menggunakan hitungan per bulan atau tahun. Jangan sampai uang sewa yang dikeluarkan, justru berakhir dengan sia-sia. Oleh karena itu, percayakan hal tersebut pada ahlinya, seperti Sewatama. Perusahaan ini sudah lama melayani rental genset, mulai skala kecil, perusahaan, hingga industri pertambangan. Hubungi websitenya untuk informasi lebih lengkap dan penawaran terbaik.

Tinggalkan komentar