Apa Yang Dimaksud dengan 4 Sehat 5 Sempurna

Pengertian 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan sebuah makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang dan lengkap mulai dari karbohidrat, vitamin, protein, lemak, dan mineral. Awalnya jenis makanan sehat ini berupa kampanye pemerintah Indonesia di tahun 1955 kepada masyarakat agar mengetahui pola makanan sehat itu seperti apa.

Jenis-jenis makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang masuk kedalam jajaran makanan sehat tersebut.

1. Makanan Pokok yang Mengandung Karbohidrat

Jenis makanan yang pertama ada makanan pokok yang kaya akan karbohidrat, biasanya jenis makanan ini adalah makanan yang paling sering dikonsumsi sehari-hari. Karbohidrat yang dimiliki oleh makanan pokok tersebut berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh.

2. Lauk Pauk yang Mengandung Protein

Selanjutnya ada lauk pauk yang mengandung protein. Umumnya sebuah makanan pokok pasti ditemani dengan beberapa lauk pauk dan salah satunya memiliki kandungan protein. Protein pada makanan tersebut berfungsi sebagai pembentukan energi, menjaga daya tahan tubuh, serta membantu tumbuh kembang seorang anak.

3. Sayuran

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang sering kita temui dalam keseharian serta memiliki vitamin yang cukup lengkap. Beberapa vitamin yang bisa ditemukan dalam sayuran seperti vitamin A, B, C, E, dan K, dimana semua vitamin tersebut bisa menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Selain itu sayuran juga memiliki serat yang cukup tinggi sehingga bagus untuk kesehatan pencernaan.

4. Buah

Hampir sama dengan sayuran, dimana buah juga memiliki vitamin dan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk imunitas tubuh. Oleh karena itu, jika mengkonsumsi sayuran dan buah dapat memberikan tubuh kita lebih banyak vitamin, beberapa diantaranya juga bagus untuk kesehatan indera manusia seperti vitamin A untuk kesehatan mata.

5. Susu

Sebagai pelengkap anda bisa mengkonsumsi susu sebagai tambahan nutrisi. Dalam susu terdapat kandungan protein yang baik untuk kesehatan, selain itu ada juga kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang atau membantu tumbuh kembang anak.

Dari semua penjelasan tersebut kita bisa mengambil contoh beberapa jenis makanan 4 sehat 5 sempurna yaitu ada nasi untuk makanan pokok, ikan untuk lauk pauk, bayam untuk sayuran, pisang untuk buah, dan susu sapi untuk susu. Selain makanan tersebut anda juga bisa mengubah nasi dengan kentang atau gandum bagi makanan pokok serta daging dengan tempe atau tahu untuk lauk pauk.

Baca juga:

Tinggalkan komentar