Apa Yang Dimaksud Dengan Garis Wallace dan Garis Weber

Pengertian Garis Wallace dan Garis Weber

Garis Wallace merupakan sebuah garis yang membagi wilayah sebaran fauna maupun flora. Proses pembagian tersebut dilakukan berdasarkan pada perbedaan ciri yang ada pada hewan di bagian barat maupun bagian timur Indonesia. Sedangkan untuk Garis Weber itu sendiri membagi Indonesia terhadap 2 bagian, antara lain yaitu bagian timur dan bagian tengah.

Jenis-jenis Garis

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan singkat mengenai Garis Wallace dan Garis Weber.

1. Garis Wallace

Garis Wallace merupakan sebuah garis yang memisahkan wilayah Wallace dan Ekozon Asia. Wallace itu sendiri adalah sebuah zona transisi antara dua benua, antara lain yaitu Benua Australia dan Benua Asia. Sedangkan ekozone adalah sebuah sistem pembagian biogeografi dari area permukaan daratan yang ada di bumi dan di lakukan berdasar pada persebaran fauna flora yang ada di darat.

Jika ditarik sebuah garis dari arah utara, maka Garis Wallace tersebut akan dimulai dari ujung Pulau Kalimantan serta Pulau Sulawesi. Kemudian akan terus lurus hingga ke arah selatan melalui Selat Makassar yang untuk selanjutnya akan melewati selat yang menghubungkan antara Pulau Lombok dan Pulau Bali.

Garis Wallace ini pernah diperbarui dan ditambahkan oleh seseorang yang bernama Thomas Huxley. Ia melakukan penarikan garis lebih ke arah utara, hingga akhirnya melewati sisi timur dari Kepulauan Filipina.

2. Garis Weber

Berbeda dari Garis Wallace, Garis Weber adalah sebuah garis khayal yang dibuat untuk membatasi wilayah sebaran fauna dan flora Antara dataran bagian barat Indonesia dengan Sahul. Garis Weber tersebut dimulai dari arah utara, yaitu tepatnya Kepulauan Maluku hingga tiba di bagian barat di paparan Sahul. Selanjutnya dari arah Dangkalan Sahul sendiri akan di tarik menuju ke bagian Sisi Timur dari Nusa Tenggara Timur.

Untuk daerah kawasan Pasifik dan Australia, merupakan wilayah sebaran flora dan fauna yang terdapat di bagian timur garis Weber ini. Persebaran fauna dan flora mempunyai kemiripan dengan fauna dan flora yang terdapat di Wilayah Australia. Seperti contohnya yaitu Burung Betet, Burung Kasuari, Reptil serta beberapa spesies Amphibi. Dari sini bisa dilihat perbedaan yang cukup jelas antara Garis Weber dan Garis Wallace.

Baca juga:

Tinggalkan komentar