Home / Media / Kabar Icmi / Icmi Sambut Baik Kalangan Milenial Jadi Staf Khusus Presiden

ICMI Sambut Baik Kalangan Milenial Jadi Staf Khusus Presiden


Posted on Rabu, 27 Nov 2019 10:40 WIB


ICMI Sambut Baik Kalangan Milenial Jadi Staf Khusus Presiden

Jakarta - Sekretaris Jenderal Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Mohammaf Jafar Hafsah menyambut baik trobosan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam melibatkan 7 anak muda sebagai staf khusus, Kamis (21/11) lalu.  

“Jadi Presiden Jokowi menerangkan bahwa ada kabinetnya yang terdiri dari profesional-profesional juga dari politisi politisi, dan tentunya para senior-seniornya, dan kemudian ada wakil- wakil menteri yang relatif lebih muda tetapi kemarin para milenial juga diangkat untuk menjelaskan bahwa dia juga akan menerima masukan-masukan atau berdiskusi dengan anak-anak milenial atau pemuda-pemuda, dan itu bagus.” Katanya di Jakarta, Jumat (22/11).

Menurutnya, hal tersebut tidak kontradiktif dengan keinginan Presiden Jokowi untuk melakukan pemangkasan birokrasi.

“Sebenarnya kan dapat saja. Yang disebut merampingkan birokrasi kan dia strukturnya sudah ada di kementriannya, ada presiden dan wakil presiden, kemudian menteri-menteri, jadi baik lembaga  kementerian maupun lembaga pemerintah atau non pemerintah itu ada, itu yang akan dirampingkan menurut beliau.” Jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk merampingkannya, dipotonglah Eselon IV. 
“Karena setiap menteri itu membawahi 10 eselon, setiap Eselon I ada direktur, kepala biro, kepala pusat, di bawahnya, itu yang kalau Eselon I itu dirjen sekjen, ada deputi, inspektur jendral, nah dibawahnya itu ada panglima, Eselon II dibawahnya itu masing-masing ada lagi Eselon III, IV, atau V.” Tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengenalkan tujuh orang sebagai Staf Khusus Presiden untuk membantunya dalam pemerintahan pada sebuah acara perkenalan yang berlangsung dengan santai di veranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019) sore. Ketujuh staf khusus baru yang diperkenalkan Presiden Jokowi merupakan anak-anak muda berusia antara 23-36 tahun atau generasi milenial.


Tags : ICMI Pusat