Home / Media / Siaran Pers / Berubah Lebih Baik Puskesmas Kini Paling Diminati Masyarakat

Berubah Lebih Baik, Puskesmas Kini Paling Diminati Masyarakat


Posted on Sabut, 23 Sep 2017 12:40 WIB


Berubah Lebih Baik, Puskesmas Kini Paling Diminati Masyarakat

Surabaya (ICMI Media) – Hasil riset para peneliti dan akademisi dirasakan secara signifikan telah membantu mendorong kesejahteraan rakyat Indonesia. Diakui pula bahwa kini kondisi pelayanan fasilitas kesehatan seperti du Puskesmas turut membaik.

Direktur Kepatuhan, Hukum, dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi mengajak seluruh masyrakat agar segera mendafar sebagai peserta JKN-KIS sebab telah terjadinya perubahan positif fasilitas kesehatan dan kualitas pelayanan di Puskesmas.
 
“Dulu Puskesmas dipandang sebelah mata karena diidentikkan dengan tempat berobat untuk masyarakat kurang mampu. Kini stereotip tersebut perlahan memudar karena pelayanan maupun sarana prasarana di Puskesmas sudah membaik. Puskesmas pun menjadi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang paling banyak dipilih oleh peserta JKN-KIS,” ujar Bayu dalam acara InaHEA bertema The 4th Year Implementation of National Health Insurance in Indonesia, di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/9).

Seminar yang dihadiri para peneliti dan akademisi tersebut membahas hasil kajian yang telah dilakukan mengenai program JKN-KIS yaitu sustainibilitas keuangan, kesiapan supply side, kepesertaan dan penguatan sistem kesehatan.

“Berbagai temuan, kajian dan hasil penelitian tersebut nantinya dapat digunakan untuk menjadi evaluasi berbagai pihak dalam penyelenggaraan program JKN-KIS serta membantu menentukan arah kebijakan ke depan,” tutur Bayu.

Bayu berharap, BPJS Kesehatan dapat didukung oleh para pakar dan akademisi untuk mengubah pola pikir masyarakat agar mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. (SYH/CR)


Tags :