Home / Media / Siaran Pers / Dewan Pakar Icmi Diimbau Optimal Berikan Aksi Solusi Persoalan Bangsa

Dewan Pakar ICMI Diimbau Optimal Berikan Aksi Solusi Persoalan Bangsa


Posted on Sabut, 23 Sep 2017 05:56 WIB


Dewan Pakar ICMI Diimbau Optimal Berikan Aksi Solusi Persoalan Bangsa

Jakarta (ICMI Media) – Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie meminta agar para Dewan Pakar dapat bekerja maksimal untuk kebaikan Indonesia. Jimly mengatakan, kini Indonesia sedang menghadapi banyak permasalahan kebangsaan.

“Kita berharap Dewan Pakar ICMI bekerja dengan sebaik-baiknya. Untuk memandu secara intelektual kegiatan berbangsa dan bernegara yang saat ini sedang menghadapi banyak cobaan,” ujar Jimly saat membuka kegiatan Simposium Nasional Dewan Pakar ICMI: Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bertema Rahmat Kemerdekaan Membangun Tanggung Jawab Berbangsa, di Jakarta, Sabtu (23/9).

Jimly berharap, Dewan Pakar ICMI bisa menjadikan acara seperti ini sebagai tradisi yang terus berlangsung sebab amat penting dan banyak peluang untuk melaksanakannya.

“Mari kita meningkatkan peran kaum cendekiawan dengan kita gerakan melalui Dewan Pakar ICMI. Seminggu sekali ada pengajian atau sebulan sekali, di kampus-kampus atau kalau bisa ada pengajian di antara dosen, pengajian sains dan teknologi dan Al Quran,” kata Jimly.

Dalam simposium ini, Jimly mengajak cendekiawan Islam agar jangan hanya terus berkomentar di media massa saja. Namun ikut menunjukkan aksi nyata sebagai solusi dari permasalahan yang dikomentari.

“ICMI jangan hanya berpikir ilmiah tanpa agenda aksi. ICMI jangan hanya pemikiran tanpa kegiatan nyata di lapangan. Perubahan tidak hanya bisa dengan pikiran reflektif yang bisa membuat orang hanya verbalis, ngomong saja,” kata Jimly.

Jimly menilai, hal seperti itu kini terjadi di kalangan cendekiawan Indonesia, terutama Islam. Kerap berpendapat di media mengenai semua aspek persoalan namun disayangkan tanpa aksi nyata. 

"Sebagai organisasi kita perlu melaukan gerakan aksi. Bagaimana membantu ormas-ormas Islam, bagaimana membantu sekolah-sekolah,” ucap Jimly. (SYH/CR)


Tags :