Home / Media / Siaran Pers / Icmi Ajak Elite Politik Bangun Budaya Demokrasi

ICMI Ajak Elite Politik Bangun Budaya Demokrasi


Posted on Senin, 22 Apr 2019 17:09 WIB


ICMI Ajak Elite Politik Bangun Budaya Demokrasi

Jakarta (ICMI Media) – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menyerukan kepada seluruh pimpinan dan elite politik, untuk membangun budaya demokrasi yang adil dan beradab dengan menegakkan etika politik.

Hal itu disampaikan Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie pada forum Maklumat Kebangsaan ICMI tentang Pemilu 2019 di ICMI Center, Jakarta, Senin (22/4)

“Kepada tokoh-tokoh partai politik, kita harapkan dapat menurunkan tensi sama-sama, karena kalau ini dibiarkan terus bisa panas memang,” kata Jimly. 

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menambahkan, para elite politik harus lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Olehnya itu, ICMI mengajak untuk bersama-sama menjaga keutuhan dan persatuan bangsa, serta menghindarkan praktik politik tidak terpuji yang menghalalkan segala cara.

Menurut Jimly, jika terjadi sengketa dalam pemilu, alangkah lebih baiknya jika tim sukses kedua kubu perlu memanfaatkan mekanisme hukum untuk melawan ketidakadilan.

“Jikalau hasil penghitungan suara itu nanti tidak memuaskan, kita mengimbau supaya semua pihak menggunakan mekanisme resmi melalui Mahkamah Konstitusi (MK),” beber dia.

Jimly menjelaskan, mekanisme yang sifatnya melembaga dapat diselesaikan melalui MK, jika hasil pemilu 2019 ini timbul sengketa. Sementara jika terjadi perilaku yang dianggap bermasalah dari penyelenggara pemilu, maka diproses melalui DKPP.

“Sudah ada mekanisme yang resmi, jadi jangan lagi membayangkan mekanisme yang diluar sistem resmi,” imbuhnya. 

Mantan Ketua DKPP ini juga mengharapkan kepada semua pihak untuk selalu menahan diri. "Tunggu hasil penghitungan suara secara resmi dari KPU pada tanggal 22 Mei 2019 nanti," pungkasnya. (*)


Tags : ICMI ICMI Pusat Jimly Kebangsaan Ketua ICMI Keumatan Politik Siaran Pers




Prof Arief Satria: ICMI Bagian dari Masa Depan, Bukan Masa Lalu
Prof Arief Satria: ICMI Bagian dari Masa Depan, Bukan Masa Lalu
Bogor - Pandemi Korona menyebabkan ketidakpastian terhadap seluruh lini kehidupan masyarakat, namun kondisi ini bukan berarti membuat kita menyerah. Ilmuwan Charles Darwin mengatakan, bahwa spesies yang survive bukanlah yang terkuat dan terpintar tapi mampu responsif terhadap perubahan.  
Kamis, 24 Jul 2020
Mahasiswa-Buruh Suarakan #GejayanMemanggil Tolak Omnibus Law
Rekomendasi Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Terkait Covid-19
Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, Ikatan Cendekiawan Muslim seIndonesia (ICMI) merekomendasikan agar Pemerintah melakukan hal-hal sebagai berikut:  
Rabu, 29 Apr 2020

Detail side

Media Terpopuler