Home / Media / Siaran Pers / Icmi Ajak Konsep Beragama Tidak Hanya Benar Dan Salah

ICMI Ajak Konsep Beragama Tidak Hanya Benar dan Salah


Posted on Kamis, 12 Okt 2017 06:12 WIB


ICMI Ajak Konsep Beragama Tidak Hanya Benar dan Salah

Jakarta (ICMI Media) - Umat beragama tidak boleh terjebak hanya dalam konteks benar atau salah. Bersikap seperti itu dinilai dapat melemahkan hubungan antar umat beragama di Indonesia.

Menurut Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie, terjebak pada konteks benar dan salah dalam beragama membuat mudah menilai orang lain suka atau tidak sehingga berdampak kebencian.

Apalagi, ucap Jimly, semakin parah  bila hanya diakui oleh kelompok-kelompok tertentu yang merasa paling benar dari sisi apapun.

"Kita harus saling terbuka, seperti pertemuan ini amat saya hargai. Di dunia sekarang ini, kita harus tetap menyadari perbedaan dan saling menghormati," kata Jimly pada diskusi Kebangsaan, Persaudaraan dan Perubahan, di GPIB Zebaoth Bogor, Rabu (11/10) yang diselenggarakan Gereja Protestan se-Indonesia bagian Barat (GPIB). 

Pada kesempatan diskusi, Jimly menjelaskan, ada tiga aspek ajaran agama Islam yaitu akidah (teologi), syariah (hukum) dan akhlak. Jimly menuturkan, ketiga aspek tersebut saling berkaitan dan tidak dapat hanya fokus kepada satu saja. 

"Tetapi sekarang banyak orang yang terjebak hanya mengutamakan syariah, melupakan aspek lainnya," ujar Jimly. (mgl/cr)


Tags :





Detail side

Media Terpopuler