Home / Media / Siaran Pers / Icmi Akan Dorong Gerakan Ciliwung Menanam

ICMI Akan Dorong Gerakan “Ciliwung Menanam”


Posted on Senin, 6 Jan 2020 15:48 WIB


ICMI Akan Dorong Gerakan “Ciliwung Menanam”

JAKARTA – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) melakukan kunjungan untuk meninjau lokasi terdampak banjir di sekitar sungai Ciliwung Kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Dalam kunjungan tersebut ICMI mengungkapkan akan dorong gerakan “Ciliwung Menanam”.

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie mengatakan, dirinya menilai di sepanjang bandaran Sungai Ciliwung memiliki potensi untuk ditanami pohon. Hal tersebut diutarakan Jimly, sebab melihat kondisi tanah di sekitar Sungai Ciliwung Lenteng Agung.

“Jadi dulu itu ada banyak pohon-pohon bambu yang tumbuh di sini, tapi hancur semua karena kena banjir,” ujar Jimly.

Kemudian, melihat potensi tersebut, lanjut Jimly, yang harus dilakukan adalah untuk segera membuat gerakan menanam pohon. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terjadi erosi yang berkelanjutan.

 “Kita bisa namakan gerakan itu “Ciliwung menanam”. Nanti, kita kerja sama dengan dinas kehutanan, pemda, kita usahakan dapat dukungan dari kementerian, kita bikin nantik gerakan ciliwung menanam,” tegas Jimly.

Kendati demikian, Jimly menjelaskan bahwa masing-masing daerah memiliki tanah yang berbeda. Menurutnya perlu dipertimbangkan berdasarkan pendapat para ahli.

“Daerah sini kan tanahnya pasir, perlu ditanyakan pendapat ahli pohon apa yang cocok ditanam di pasir. Begitupun kalo tanhnya tanah liat, pasti pohonnya juga beda,” jelas Jimly.

Jimly lantas menegaskan bahwa gerakan menanam pohon ini memerlukan partisipasi aktif dari masyarakat, sebab kesadaran masyarakat sangat penting untuk mendukung gerakan menanam pohon ini.

"Yang penting gerakan ini melibatkan partisipasi masyarakat, membangun kesadaran masyarakat untuk melindungi alam kita,” tegas Jimly.

Sementara itu, Ketum ICMI juga menyinggung soal keberadaan tanah kosong milik ASTRA di sekitar lenteng agung yang tidak dipakai dan belum diketahui untuk apa. Ia beserta ICMI akan dorong ASTRA agar mau menghibahkan tanah tersebut untuk kepentingan CSR bagi masyarakat.**


Tags : ICMI ICMI Pusat Indonesia Jimly Ketua ICMI Sosial




Prof Arief Satria: ICMI Bagian dari Masa Depan, Bukan Masa Lalu
Prof Arief Satria: ICMI Bagian dari Masa Depan, Bukan Masa Lalu
Bogor - Pandemi Korona menyebabkan ketidakpastian terhadap seluruh lini kehidupan masyarakat, namun kondisi ini bukan berarti membuat kita menyerah. Ilmuwan Charles Darwin mengatakan, bahwa spesies yang survive bukanlah yang terkuat dan terpintar tapi mampu responsif terhadap perubahan.  
Kamis, 24 Jul 2020
Mahasiswa-Buruh Suarakan #GejayanMemanggil Tolak Omnibus Law
Rekomendasi Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Terkait Covid-19
Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, Ikatan Cendekiawan Muslim seIndonesia (ICMI) merekomendasikan agar Pemerintah melakukan hal-hal sebagai berikut:  
Rabu, 29 Apr 2020

Detail side

Media Terpopuler