Home / Media / Siaran Pers / Icmi Idul Adha Momen Untuk Belajar Berbagi

ICMI: Idul Adha, Momen untuk Belajar Berbagi


Posted on Sabut, 17 Ags 2019 11:08 WIB


ICMI: Idul Adha, Momen untuk Belajar Berbagi

Memperingati Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Sekretariat  Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Pusat melaksanakan pemotongan dan pembagian daging hewan kurban, Mingu 11 Agustus 2019. Pemotongan dan pembagian hewan qurban berlangsung di halaman kantor Sekretariat ICMI Pusat, Jalan Warung Jati Timur No. 1 Jakarta Selatan.

Wakil Ketua Umum ICMI Sri Astuti Buchari mengatakan momentum perayaan Idul Adha tahun 2019 ini diharapkan menjadi kesempatan untuk meningkatkan rasa saling berbagi kepada sesama. Terutama berbagi kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung secara meteril.

"Idul Adha sebagai moment berbagi, berbagi kepada yang tidak mampu, kurang beruntung, yang umat Islam sendiri tidak pernah merasakan daging kan masih banyak. Supaya bisa membagi kepada sekitar kita yang kurang beruntung," ujar Sri Astuti, Jumat (16/9). 

Sri Astuti juga menekankan kembali kepada seluruh masyarakat agar memahami arti berkurban yang sesungguhnya yakni menolong dan meringankan beban individu yang membutuhkan. Serta merupakan kewajiban bagi umat Islam yang telah mampu melaksanakan qurban.

"Hari raya kurban tuh wajib bagi umat Islam apalagi bagi yang mampu, itu berbagi ya makna nya itu berbagi. Bagi orang yang lebih atau mampu harus wajib berquran itu wajib. Nah makna dari segalanya adalah bisa dikatakan bahwa itu kewajiban umat Islam hari raya qurban itu  " tegas Sri Astuti

Ia juga mengatakan bahwa semangat Idul Adha secara tidak langsung dapat menumbuhkan sikap toleransi. Baik antar sesama umat muslim maupun dengan umat beragama lainnya.

"Kalau ke Indonesian itu supaya dimnengerti oleh yang lain, orang lain mungkin orang yang beragama lainnya, bahwa umat Islam itu selalu memikirkan yang lain bukan memikirkan dirinya sendiri saja. Seperti orang bersedekah,

sedekah itu didalam Islam kan untuk menyelamatkan diri kita sendiri juga, banyak beredekah lebih baik bersedekah bisa uang bisa ilmu bisa membantu orang dengan segala macem seperti itu," ucap Sri Astuti.

Dalam moment Idul Adha kali ini pengurus ICMI pusat berkesempatan menyembelih tiga ekor sapi dan dua ekor kambing yang merupakan sumbangan dari Sri Astuti Buchari,Ketua ICMI DKI Jakarta Sandiaga S Uno,  Wasekjen ICMI Bimo Sasongko, anggota Dewan Penasehat ICMI Aida Vitayala dan Masna Sari. Diakhir kegiatan daging hewan kurban dibagikan untuk anak-anak yatim, kaum dhuafa, dan masyarakat sekitar.


Tags : Cendekiawan Muslim Foto ICMI ICMI Peduli ICMI Pusat Kegiatan ICMI Keislaman Pengurus ICMI





Detail side

Media Terpopuler