Home / Media / Siaran Pers / Icmi Sarankan Pilih Pemimpin Dengan Tiga Karakteristik Ini

ICMI Sarankan Pilih Pemimpin dengan Tiga Karakteristik Ini


Posted on Minggu, 24 Sep 2017 23:56 WIB


ICMI Sarankan Pilih Pemimpin dengan Tiga Karakteristik Ini

Jakarta (ICMI Media) – ICMI menilai ada tiga karakteristik untuk menentukan dan memilih pemimpin, terutama dalam tatanan kebangsaan serta kenegaraan. Ketiga karakteristik pemimpin itu adalah transformasional, sinergistik dan visioner.

“Pemimpin dengan tipe transformational adalah yang mampu menggali dan memunculkan kapabilitas terbaik dari warganya," ujar Sekretaris Dewan Pakar ICMI Prof DR Teuku Abdullah Sanny, di Jakarta, Sabtu (23/9), pada kegiatan Simposium Nasional Dewan Pakar ICMI: Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bertema Rahmat Kemerdekaan Membangun Tanggung Jawab Berbangsa.

Selanjutnya mengenai tipe sinergistik, Sanny menjelaskan, adalah pemimpin yang mampu menunjukkan kapabilitas warga akademik menjadi pengetahuan hibrida yang ekplisit, praktikal dan memiliki utilitas sosial ekonomi tertinggi.

“Kemudian pemimpin visioner yaitu yang mampu menerawang ke masa depan secara jernih. Mampu memposisikan perguruan tinggi sebagai agen perubahan dan pembaharuan," tutur Sanny.

Sanny beranggapan, ketiga tipe pemimpin itu harus mampu menjaga idealismenya dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan akademik.

Dalam kegiatan ini, Sanny juga mengatakan bahwa negara maju di kancah internasional adalah yang mampu menguasai sains dan teknologi. Sanny menyarankan, agar Indonesia bisa maju di level global, generasi penerus harus memahami dan menguasi sains dan teknologi. 

“Negara penguasa teknologi juga menguasai ekonomi. Teknologi pengendali produktivitas. Mudah digunakan. Dengan teknologi kita bisa membangun bangsa ini. Banyak masyarakat kita yang cerdas dan bisa mengembangkan Nusantara yang luar biasa ini,” ucap Sanny. (SYH/CR)


Tags :