Home / Media / Siaran Pers / Ilham Habibie Penerus Mimpi Pesawat Anak Negeri

Ilham Habibie, Penerus Mimpi Pesawat Anak Negeri


Posted on Rabu, 1 Apr 2015 08:34 WIB


Ilham Habibie, Penerus Mimpi Pesawat Anak Negeri

Ilham Habibie tengah menggarap proyek R80. 

RTV - (1/4) Sejak kecil, kecintaan Ilham Habibie terhadap pesawat sudah dipupuk oleh sang ayah: Bacharuddin Jusuf Habibie. Kini, dia ingin meneruskan mimpi anak negeri di dunia dirgantara. 

Dalam wawancara dengan RTV, (31/3) Ilham menceritakan betapa ayahnya kecewa ketika proyek N250 dihentikan, begitu juga dengan N2130, karena krisis moneter melanda Indonesia tahun 1998. 

"Dengan sangat menyesal harus dihentikan. Padahal, proyek N2130 merupakan proyek luar biasa. Dananya bukan dari pemerintah, melainkan swasta," kata Ilham saat diwawancarai Cheryl Tanzil untuk program Satu Jam Bersama. 

Kini, di bawah bendera PT Regio Aviasi Industri (RAI), Ilham siap meneruskan mimpi anak negeri untuk mendesain dan memproduksi sendiri pesawat komersial di Tanah Air. Mimpi itu tinggal selangkah lagi dari kenyataan. 

Kini, PT RAI tengah mengembangkan pesawat yang dinamai Regio Prop 80 (R80). Jika tak ada aral, pesawat ini akan menghiasi langit Indonesia pada 2018. 

"Sudah ada tiga maskapai yang memesan pesawat ini. Total pesanan, 145 unit," kata Ilham. 

Sekilas, rancangan R80 ini mirip dengan N250 yang dulu dibuat ayahnya. Namun, Ilham memastikan bahwa R80 memiliki kelebihan-kelebihan dan tidak sama dengan N250.


Tags :