Home / Media / Siaran Pers / Indonesia Bank Syariah Retail Terbesar

Indonesia Bank Syariah 'Retail' Terbesar


Posted on Sabut, 11 Apr 2015 00:03 WIB


Indonesia Bank Syariah 'Retail' Terbesar

Menurutnya, sistem keuangan syariah yang berlaku di Indonesia adalah jenis Islamic Retail Banking 

Jakarta - Bank Syariah di Indonesia, dianggap sebagai Bank Syariah dengan sistem Retail terbesar di dunia. ""Indonesia ini the biggest Islamic Retail Banking, karena nasabahnya mencapai 38 juta orang," ujar Pengamat Perbankan Syariah, Adiwarman A Karim, di Kantor Pusat BNI Syariah Gedung Tempo Pavilion 1, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, (10/4/2015). 

Hal tersebut diungkapkan olehnya, saat menjelaskan perbedaan antara Islamic Banking di Indonesia dengan negara lainnya. Menurutnya, sistem keuangan syariah yang berlaku di Indonesia adalah jenis Islamic Retail Banking. 

Sementara di negara Malaysia, yang diterapkan adalah Islamic Coorporate Banking, dengan mayoritas dana perbankannya berasal dari pemerintah sehingga cost of fund-nya bisa murah.

"Sedangkan di negara Timur Tengah seperti Gulf Countries yang berlaku adalah Islamic Investment Banking, di mana tidak ada orang yang bisa dibiayai bank karena mayoritas adalah orang kaya," kata Adiwarman. Karena itu, uang yang ada di bank diinvestasikan di bursa komoditas.

Perbedaan sistem perbankan syariah yang diterapkan di Indonesia dengan yang ada di beberapa negara Islam lainnya membuat tak semua sistem yang dianut bisa dipraktikan begitu saja. Begitu juga dengan jenis produk yang terdapat dalam keuangan syariah. "Halal di negara Islam lain belum tentu halal di Indonesia," ungkap Adiwarman.

Untuk itu, ukuran kesuksesannya tidak bisa diukur dengan pangsa pasarnya seperti di Malaysia dan negara Arab lainnya.

"Jangan dibandingkan dengan yang ada di Malaysia atau Arab dengan pangsa pasarnya. Karena tidak apple to apple," ujar dia.

Untuk itu, alat ukur yang digunakan dalam jenis retail banking seperti ini adalah jumlah nasabah yang dilayani dan kantor cabang bank yang melayani. 

Sumber : Metrotvnews.com


Tags :