Home / Media / Siaran Pers / Indonesia Dan Islam Samasama Punya Daya Tahan Dan Paling Toleransi

Indonesia dan Islam Sama-sama Punya Daya Tahan dan Paling Toleransi


Posted on Sabut, 30 Sep 2017 06:53 WIB


Indonesia dan Islam Sama-sama Punya Daya Tahan dan Paling Toleransi

Jakarta (ICMI Media) – Bangsa Indonesia diyakini memiliki daya tahan yang kuat dan tak akan pernah hilang dalam mempertahankan dan merawat kehidupan keberagamanya.

Demikian dikatakan Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie, di Jakarta, Senin (25/9). Jimly menganggap, antara Indonesia dan Islam memiliki kaitan kesamaan.

“Saya percaya bahwa daya tahan bangsa kita untuk bisa hidup plural, itu tidak bisa hilang,” ujar Jimly.

Mengenai kaitan antara Indonesia dan Islam, Jimly menuturkan, salah satu agama yang memiliki pengalaman dan daya tahan teruji dalam sejarah sebagai keyakinan religi paling toleran adalah Islam.

“Agama Islam pun punya pengalaman dan daya tahan yang teruji dalam sejarah sebagai agama yang amat toleran. Tidak ada agama dalam sejarah umat manusia yang lebih toleran dibandingkan Islam,” ucap Jimly.

Jimly menjelaskan, meskipun semua agama di dunia menganjurkan pentingnya kedamaian dan toleransi, namun yang dipraktikkan Islam melampaui semua ajaran semua keyakinan religi yang ada.

Menurut Jimly, praktik ajaran kedamaian dan toleransi Islam telah terbukti dalam catatan sejarah.

“Itu sebabnya dimana-mana umat Islam mayoritas ada toleransi, namun juga mengalami intoleransi. Apalagi ketika berada dalam keadaan minoritas. Itu sedang terjadi di seluruh dunia,” tutur Jimly. (SYH/CR)


Tags :