Home / Media / Siaran Pers / Jerman Berikan Bintang Penghargaan Buat Bj Habibie

Jerman Berikan Bintang Penghargaan Buat BJ Habibie


Posted on Kamis, 9 Apr 2015 11:28 WIB


Jerman Berikan Bintang Penghargaan Buat BJ Habibie

"Penghargaan ini kami berikan atas jasa-jasa beliau kepada pemerintahan Jerman,..

Jakarta - Dianggap sangat berjasa terhadap Pemerintahan Jerman, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menerima bintang penghargaan "Das Grosse Verdenstkreuz Mit Stern und Schulterband" dan "Das Grosse Verdienstkreuz" dari Pemerintah Republik Federal Jerman.

"Penghargaan ini kami berikan atas jasa-jasa beliau kepada pemerintahan Jerman," ujar Duta Besar Jerman untuk Indonesia George Witschel saat menyerahkan penghargaan tersebut di kediaman Habibie, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Dijelaskan dia, penghargaan yang setara dengan penghargaan Mahaputra dan Bintang Republik di Indonesia itu diberikan kepada orang yang sangat berjasa pada pemerintahan Jerman baik pada bidang politik, sosial maupun teknologi. "Dua bintang penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi untuk orang yang berjasa pada kemajuan Jerman," imbuh Georg Witschel 

Karir Pendiri ICMI itu memang sangat cemerlang saat tinggal di Jerman. BJ Habibie pernah menduduki posisi penting pada perusahaan Hamburger Flugzeugbau Gmbh. Lulusan Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen itu pernah menjabat Kepala Riset dan Pengembangan Analisis Struktur Hamburger Flugzeugbau Gmbh hingga Wakil Presiden dan Direktur Teknologi Gmbh, serta penasihat senior perusahaan itu.

Atas penghargaan tersebut, Habibie mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Jerman. Replika dari simbol penghargaan tersebut akan disimpan Habibie di Museum Balai Kirti. "Saya sudah meminta kepada pemerintah untuk dibuatkan replikanya. Replika ini akan diserahkan ke Museum Balai Kirti," kata Habibie.

Dengan adanya replika di museum tersebut, Habibie mengharapkan masyarakat bisa mengetahui kedekatan hubungannya dengan Jerman. "Semua bintang penghargaan yang saya pamerkan di museum itu hanya dari Indonesia dan Jerman," kata dia.

Sebelumnya Habibie juga pernah mendapatkan bintang penghargaan serupa dari Jerman pada 1980. Dia mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa pemerintah Jerman tidak membeda-bedakan asal negara. Siapa pun yang dinilai berkontribusi bakal menerima penghargaan.

"Jerman mempunyai ikatan yang kuat dengan saya. Saya bekerja di Jerman, mereka tidak membedakan dari mana kita berasal, yang penting hasil kerja kita yang dilihat," tandas Habibie. 


Tags :