Home / Media / Siaran Pers / Jerman Sudah Punya Bank Syariah

Jerman Sudah Punya Bank Syariah


Posted on Selasa, 24 Mar 2015 01:05 WIB


Jerman Sudah Punya Bank Syariah

Jerman memberikan lisensi kepada bank syariah beroperasi penuh pertama di negara Eropa, di bawah pedoman syariah Islam

Berlin, 4 Jumadil Akhir 1436/24 Maret 2015 (MINA) – Jerman memberikan lisensi kepada bank syariah beroperasi penuh pertama di negara Eropa, di bawah pedoman syariah Islam.

“Riset pasar kami menunjukkan, bahwa 21 persen Muslim di negara ini melihat bank syariah sebagai bank bagi rumah tangga mereka,” Kemal Ozan, Direktur Bank Kuveyt Turk, mengatakan kepada surat kabar Handelsblatt, Senin (23/3), seperti dilaporkan OnIslam.

Ozan menambahkan bahwa Bank Kuveyt Turk berharap memasuki pelanggan potensial di Jerman, khususnya di antara empat juta Muslim yang tinggal di negara itu.

Bank baru itu menetapkan Frankfurt sebagai basisnya, bertujuan untuk memanfaatkan komunitas Muslim terbesar kedua di Eropa, dan sebagian besar anggotanya adalah warga keturunan Turki.

Pusat Kuveyt Turk, merupakan bank syariah terbesar di Turki, dengan 62 persen saham dimiliki oleh Kuwait Finance House, mendirikan cabang jasa keuangan di Mannheim tahun 2010, dan diterapkan untuk lisensi perbankan penuh pada tahun 2012.

Pada saat itu, pemberi pinjaman mengatakan akan menginvestasikan modal awal 45 juta euro ($ 48.700.000) di unit Jerman yang direncanakan.

Bank syariah tanpa riba diterapkan karena Islam melarang Muslim dari riba, menerima atau membayar bunga pinjaman.

Bank syariah dan lembaga keuangan syariah juga tidak dapat menerima atau menyediakan dana untuk apa pun yang melibatkan alkohol, perjudian, pornografi, tembakau, persenjataan dan babi.


Investor memiliki hak untuk mengetahui bagaimana dana mereka sedang digunakan, dan sektor ini diawasi oleh dewan pengawas syariah.

Sumber : Mi’raj Islamic News Agency (MINA)


Tags :





Detail side

Media Terpopuler