Home / Media / Siaran Pers / Ketum Icmi Media Punya Kekuatan Kawal Demokrasi

Ketum ICMI: Media Punya Kekuatan Kawal Demokrasi


Posted on Kamis, 21 Mar 2019 09:21 WIB


Ketum ICMI: Media Punya Kekuatan Kawal Demokrasi

 JAKARTA - Media memiliki peran penting dalam mengawal demokrasi. Termasuk bagaimana mendorong perbaikan ekonomi nasional, yang muaranya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum (Ketum) Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie, disela-sela kunjungan ke TV One di Jakarta, Rabu (20/3). 

Menurut Jimly, demokrasi tengah mengalami penurunan kepercayaan di dunia. Misalnya kegagalan proyek demokrasi di Arab. Pun di Indonesia, dimana terjadi polarisasi media dalam perhelatan Pemilu 2019.

"Terjadi campur aduk antara kepentingan bisnis, media, politik dan society. Padahal media sangat dibutuhkan publik untuk berada di tengah-tengah menyuarakan kebenaran," kata Jimly. 

Dia menegaskan bahwa era informasi yang sedemikian pesat menghadapi tantangan serius. Di antaranya keterbukaan informasi yang semakin luas, dan perkembangan media sosial. 

"Semua orang bisa berperan sebagai wartawan, sehingga banyak hoax terjadi. Ini yang kemudian menuntut peran media yang semakin penting dalam menjaga iklim demokrasi di Indonesia," beber Jimly. 

Kedepan, menurut Jimly, akan ada empat kekuatan besar yang mengarahkan demokrasi Indonesia. "Government, market, media, dan society," tutup dia. 

Adapun dalam kunjungan tersebut, Jimly didampingi sejumlah pengurus ICMI. Ada Wasekjen ICMI, Bimo Sasongko, Ibnu Mahmud, Agung Mozin, dan Abrory Djabbar, Wakil Sekretaris Dewan Pakar Prasetyo Sunaryo dan Irwanuddin, serta Direktur Eksekutif Sibawaihi


Tags : ICMI ICMI Peduli ICMI Pusat Indonesia Jimly Ketua ICMI Siaran Pers




Prof Arief Satria: ICMI Bagian dari Masa Depan, Bukan Masa Lalu
Prof Arief Satria: ICMI Bagian dari Masa Depan, Bukan Masa Lalu
Bogor - Pandemi Korona menyebabkan ketidakpastian terhadap seluruh lini kehidupan masyarakat, namun kondisi ini bukan berarti membuat kita menyerah. Ilmuwan Charles Darwin mengatakan, bahwa spesies yang survive bukanlah yang terkuat dan terpintar tapi mampu responsif terhadap perubahan.  
Kamis, 24 Jul 2020
Mahasiswa-Buruh Suarakan #GejayanMemanggil Tolak Omnibus Law
Rekomendasi Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Terkait Covid-19
Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, Ikatan Cendekiawan Muslim seIndonesia (ICMI) merekomendasikan agar Pemerintah melakukan hal-hal sebagai berikut:  
Rabu, 29 Apr 2020

Detail side

Media Terpopuler