Home / Media / Siaran Pers / Presiden Pesawat R80 Habibie Bisa Jadi Proyek Nasional

Presiden: Pesawat R80 Habibie Bisa Jadi Proyek Nasional


Posted on Senin, 13 Apr 2015 12:21 WIB


Presiden: Pesawat R80 Habibie Bisa Jadi Proyek Nasional

Presiden Joko Widodo menjanjikan akan menjadikan pesawat terbang ciptaan BJ Habibie sebagai proyek nasional.

Tangerang - Presiden Joko Widodo menjanjikan akan menjadikan pesawat terbang ciptaan BJ Habibie sebagai proyek nasional. Habibie tidak memiliki anggaran yang cukup untuk mengembangkan proyek Regional 80 (R80) tersebut.

"Nanti kami masukkan dalam program nasional," kata Jokowi di Graha Widya Bakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/4/2015) dalam acara National Innovation Forum.

Sebagai pakar pesawat Habibie mengatakan, R80 siap mengantar 80 hingga 90 penumpang dengan jangkauan antarpulau atau provinsi di Indonesia. Selain hemat bahan bakar, R80 dapat dikendalikan secara elektronik.

"Ini paling canggih, pertama bisa dikendalikan elektronik. Benar-benar pesawat besar dan lebih murah," ungkap Ketua Dewan Penasehat ICMI itu.

Jika pemerintah mendukung proyek ini, lanjut dia, maka R80 sudah dapat dioperasikan pada 2020. Tentu kejayaan pesawat N250 di zaman Presiden Soeharto akan kembali di era Jokowi.

"Pengembangan pesawat ini kami rencanakan 50 persen dapat investasi co-founder dari swasta. Dan 50 persen bisa co-founder dari pemerintah. Dengan begitu akan selesai pada 2019," ungkap BJ Habibie yang notabene Presiden ke-3 RI.

Di depan Jokowi, Habibie menjelaskan secara detil konsep pesawat yang diberi nama R80. Meski belum berwujud bentuk nyata, toh Nam Air, Kalstar hingga Trigana Air sudah melakukan Letter of Intent untuk memesan total 145 unit.

"Kita sudah melakukan studi kelayakan selama dua tahun," kata Habibie kepada Jokowi.

Keunggulan karya Habibie disaksikan langsung oleh Jokowi. Bersama Habibie ia berjalan menuju halaman belakang kawasan Puspiptek, tepatnya di landasan kecil penerbangan pesawat tanpa awak (drone).

Di tempat tersebut telah bersiap seorang teknisi menerbangkan drone setinggi lutut orang dewasa. Selama lima menit, pesawat kecil itu mengudara dibarengi tepuk tangan para undangan.

Kepada Jokowi, Habibie berharap industri ini bisa mendapat perhatian serius dari‎ pemerintah. Dia menargetkan, di Tahun 2019 pesawat ini sudah tersedia dan siap digunakan. Habibie juga yakin pesawat ini yang paling cocok digunakan di seluruh angkasa nusantara.

ICMI Media, dari berbagai sumber


Tags :