Home / Media / Siaran Pers / Wapres Ma Ruf Amin Dipercayakan Sebagai Ketua Dewan Penasehat Icmi

Wapres Ma'ruf Amin Dipercayakan sebagai Ketua Dewan Penasehat ICMI


Posted on Sabut, 7 Des 2019 22:00 WIB


Wapres Ma'ruf Amin Dipercayakan sebagai Ketua Dewan Penasehat ICMI

Padang – Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin menghadiri sekaligus membuka secara resmi Silaturrahmi Kerja Nasional (Silaksnas) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Padang, Sumatera Barat.

Wapres Ma'ruf Amin dalam kesempatan tersebut juga berterima kasih, karena diminta untuk menjadi Ketua Dewan Penasihat ICMI.

“Memang spesialis saya Ketua Dewan Penasihat. Di IAEI Ketua Dewan Penasihat, di MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) juga Ketua Dewan Penasihat, ternyata di ICMI juga Ketua Dewan Penasihat.” Kata Ma’ruf di Universitas Negeri Padang, Jumat (06/12).

Wapres Ma’ruf juga berharap, melalui Silaknas 2019 ini, ICMI dapat menjawab tantangan yang dihadapi oleh umat pada saat ini.

“Tantangan utama umat pada saat ini adalah: Pertama, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kedua, menghilangkan kemiskinan dan ketimpangan. Ketiga, imunisasi umat dari penyebarluasan radikalisme dengan menggunakan simbol-simbol agama.” Jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa hal ini sesuai dengan prioritas utama Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin untuk menuju Indonesia maju, yakni Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi, Reformasi Birokrasi dan Transformasi Ekonomi. 

“Saya melihat, ICMI dengan pengalaman mendukung pembangunan selama ini, terutama dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dapat turut berperan dalam upaya peningkatakan kapasitas ekonomi umat.”

Ia menambahkan, tantangan besar lainnya yang sedang kita hadapi adalah maraknya penyebaran faham-faham radikal.

“Sebagai organisasi cendekiawan, saya memandang ICMI memiliki peran yang sangat besar dalam upaya memerangi radikalisme tersebut. Saya mengharapkan agar ICMI dapat bersama-sama dengan pemerintah terus menyampaikan pesan-pesan positif dalam berbagai kesempatan," ujarnya

"Keberhasilan memerangi radikalisme akan sangat ditentukan oleh keberhasilan umat Islam dalam memerangi cara berpikir radikal dalam umat Islam itu sendiri.” tutupnya.


Tags : Cendekiawan Muslim Dialektika ICMI ICMI ICMI Daerah ICMI Pusat Indonesia Jimly Kebangsaan Kegiatan ICMI Kenegaraan Ketua ICMI Politik Siaran Pers Silaknas




Mahasiswa-Buruh Suarakan #GejayanMemanggil Tolak Omnibus Law
Rekomendasi Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Terkait Covid-19
Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, Ikatan Cendekiawan Muslim seIndonesia (ICMI) merekomendasikan agar Pemerintah melakukan hal-hal sebagai berikut:  
Rabu, 29 Apr 2020

Detail side

Media Terpopuler