close

Apa Yang Dimaksud dengan E-commerce

Daftar Isi

Pengertian E-commerce

Perdagangan elektronik atau e-commerce merupakan sebutan bagi penjualan, pembelian, pemasaran barang, penyebaran barang dan jasa yang dilakukan secara online. Biasanya media yang digunakan untuk melakukan perdagangan elektronik ini adalah Smartphone, Komputer, Televisi, dan alat elektronik lainnya yang bisa terhubung dengan jaringan internet.

Jenis-jenis E-commerce

Berikut adalah beberapa jenis perdagangan elektronik yang kita kenal.

1. Business to Business

Jenis yang pertama ada Business to Business atau yang disingkat B2B. Jenis B2B merupakan sebutan bagi sebuah perusahaan atau korporasi yang menjual barangnya kepada perusahaan atau korporasi lainnya.

2. Business to Consumer

Berikutnya ada Business to Consumer atau yang juga dikenal dengan singkatan B2C. Jenis perdagangan elektronik yang satu ini mengarah kepada sebuah perusahaan atau korporasi yang menjual barang kepada penggunanya.

3. Consumer to Consumer

Selanjutnya adalah Consumer to Consumer atau C2C. Perdagangan C2C mengarah kepada seorang pengguna yang menjual produk bekasnya kepada pengguna lain.

4. Consumer to Business

C2B atau Consumer to Business merupakan istilah yang menunjukkan jual beli barang atau jasa antara pengguna sebagai penjual dengan perusahaan atau korporasi selaku pembeli. Biasanya perusahaan atau korporasi menyukai hasil kerja dari individu (customer) tersebut dan ingin membeli barang atau jasa dari individu tadi untuk dijadikan milik perusahaan.

5. Business to Public Administration

Beralih ke jenis perdagangan elektronik selanjutnya yaitu Business to Public Administration atau B2A. Sekilas jenis B2A mirip dengan jenis B2B yang sama-sama menemukan 2 buah perusahaan atau korporasi, namun bedanya pada jenis B2A akan menemukan sebuah perusahaan dengan lembaga pemerintah.

6. Consumer to Public Administration

Jenis perdagangan elektronik yang terakhir adalah Consumer to Public Administration atau yang disingkat C2A. Jika sebelumnya ada B2A yang melakukan transaksi jual beli antara perusahaan atau korporasi dengan lembaga pemerintah maka akan ada juga transaksi jual beli antara consumer (individu) dengan lembaga pemerintah yang di sebuah Consumer to Public Administration.

Untuk contoh dari jenis e-commerce tersebut ada B2B dengan Electronic City (perusahaan penjual perlengkapan kantor), B2C dengan Shopee (aplikasi jual beli berbagai kebutuhan), C2C dengan Tokopedia (menjual berbagai barang termasuk barang bekas), dan C2B dengan Freelancer (website pekerja bebas yang akan mengerjakan permintaan perusahaan dan pemerintah). Selain itu ada B2A dengan Accela (membantu pemerintah untuk mengurus administrasi) dan C2A dengan Freelancer.

Baca juga:

Tinggalkan komentar