close

Apa Yang Dimaksud dengan E-Learning

Daftar Isi

Pengertian E-Learning

E-learning merupakan pemanfaatan teknologi dan juga informasi komputer dalam menciptakan suatu pengalaman pembelajaran. Beberapa orang memiliki pendapat bahwa kegiatan ini terbatas dengan apa yang sepenuhnya terjadi dalam web browser yang mana tanpa membutuhkan perangkat lunak ataupun sumber belajar lainnya. Apalagi, teknologi digital dalam satu dekade belakangan ini mengalami banyak perkembangan.

Jenis-jenis E-Learning

Di Indonesia, setidaknya ada tujuh jenis dari kegiatan tersebut yang sering dilaksanakan.

1. Standalone Courses (Pembelajaran Mandiri)

Bentuk pembelajaran mandiri ini dijalani oleh siswa tunggal atau seorang pelajar. Ia belajar secara mandiri memakai sebuah platform tanpa adanya interaksi dengan teman sekelas maupun instruktur. Biasanya pembelajaran semacam ini dilakukan bagi siswa yang ingin fokus dan tenang.

2. Virtual Classroom Courses (Pembelajaran Kelas Virtual)

Pembelajaran kelas virtual ini adalah kelas online yang terstruktur dan memiliki karakter yang sama seperti pada saat kelas tatap muka. Namun, mungkin tak tergolong dalam pertemuan online sinkron atau kelas tatap maya.

3. Learning Games and Simulations (Game dan Simulasi Pembelajaran)

Bentuk pembelajaran yang satu ini akan memungkinkan siswa dalam belajar dengan melakukan kegiatan simulasi yang memerlukan eksplorasi serta mengarah pada inkuiri atau penemuan.

4. Embedded E-learning (E-learning Tertanam)

Jenis yang selanjutnya adalah e-learning tertanam. Ini merupakan pembelajaran dalam sistem lainnya, seperti prosedur diagnostik, program komputer maupun Bantuan online.

5. Blended Learning (Pembelajaran Campuran)

Blended learning merupakan penggunaan beragam bentuk pembelajaran guna mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Ini dilaksanakan dengan penggabungan antara pembelajaran tatap muka di ruang kelas dengan pembelajaran tatap maya memakai video conference.

6. Mobile Learning (Pembelajaran Seluler)

Belajar semacam ini memungkinkan siapapun untuk mempelajari suatu ilmu pengetahuan sembari “bergerak” ke mana saja. Ditunjang dengan perangkat seluler, seperti smartphone dan PDA.

Nah, di dalam pembelajaran e-learning ini, maka tidak heran jika ada banyak contoh aplikasi yang kerap digunakan oleh siswa maupun instruktur. Misalnya saja seperti Ruangguru, Rumah Belajar, Google Classroom, Edmodo, Quipper, Zenius, KelasKita, Brainly, Pahamify, dan Bimbel SMARRT.

Baca juga:

Tinggalkan komentar