Apa Yang Dimaksud Dengan Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi

Pengertian Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks atau tulisan yang menjelaskan mengenai informasi akan fenomena kausalitas. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia kausalitas memiliki pengertian sebab akibat. Jadi maksud dari hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah hubungan yang dibentuk dari sebab suatu kejadian dan akibat atau dampak dari kejadian tersebut.

Teks eksplanasi sendiri merupakan suatu bahasan yang memiliki kaidah unik dan cukup komplit. Salah satu yang menjadikannya tanda tanya adalah adanya hubungan dengan kausalitas.

Jenis-jenis Teks Eksplanasi

Supaya mudah dipahami mengenai hubungan tersebut berikut ciri  teks eksplanasi yang benar akan mudah dipahami:

1. Isi berupa fakta

Teks eksplanasi yang berhubungan dengan kausalitas harus berisi fakta. Setiap paragraf terdiri dari kalimat utama sebagai bagian dari inti paragraf.

2. Tidak mengandung opini

Karena isinya berupa fakta sehingga teks eksplanasi tidak mengandung opini penulis di dalamnya.

3. Berisi informasi

Informasi adalah tujuan dari teks eksplanasi yang memiliki hubungan kausalitas atau hubungan sebab akibat ini. Harapannya setelah membaca mendapatkan informasi pikirannya bisa mendapat pengaruh serta akan melakukan tindakan perbaikan yang diharapkan.

4. Menjelaskan kejadian secara runtut dan detail

Penyajian dalam teks eksplanasi bersifat runtut sehingga pembaca mudah memahami alur cerita yang disajikan mengenai suatu kejadian alam maupun sosial yang sedang menjadi pokok bahasan. Detail disampaikan menggunakan sebab akibat yang ditimbulkan.

5. Memiliki satu pokok bahasan

Teks eksplanasi dalam kaitanya dengan hubungan kausalitas memiliki satu pokok bahasa yang menjadi topik utamanya. Kejadian yang terjadi di jelaskan dalam hubungan sebab dan akibat. Misalnya pada fenomena alam yang terjadi, maka fokus pembahasan teks eksplanasi hanya seputar tsunami, gempa bumi, longsor, gunung meletus dan banjir.

Kausalitas ditandai dengan berbagai kata penghubung seperti maka, karena, kalau, bila, jika, oleh sebab itu, disebabkan, berakibat, sehingga, berdampak dan berakibat. Contohnya sebuah teks eksplanasi tentang bahaya pemanasan global. Di dalam teks tersebut akan dijelaskan tentang penyebab pemanasan global dan dampak pemanasan global bagi bumi. itulah hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi.

Baca juga:

  1. Apa itu History
  2. Pengertian Hipotesis-0 (h0) dan Hipotesis-1 (h1)
  3. Apa Yang Dimaksud Hewan Peliharaan

Tinggalkan komentar