Apa Yang Dimaksud dengan Logo

Pengertian Logo Perusahaan

Logo merupakan sebuah gambar atau tulisan yang mengandung makna tertentu sebagai identitas suatu perusahaan. Setiap bentuk dari lambang ini memiliki ciri atau tujuan yang dikenalkan kepada orang lain. Perusahaan harus mempunyai lambang tertentu agar orang lain bisa mengetahui produk atau jasa yang dihasilkan.

Jadi setiap lambang harus dibuat sesuai dengan budaya perusahaan itu. Jenis-Jenis Logo :

1. Wordmark

Lambang yang berjenis wordmark biasanya ditandai dengan nama perusahaan secara lengkap tanpa disingkat. Beberapa perusahaan yang memiliki nama singkat dapat memakai wordmark. Lambang ini termasuk mudah diketahui orang lain karena nama brand ditulis secara jelas. Jadi perusahaan mempunyai lambang yang menjadi ciri khas untuk menarik klien.

2. Logo Lambang

Perusahaan yang memakai lambang jenis ini akan mencantumkan huruf inisial nama. Kemudian huruf tersebut diletakkan di dalam ikon untuk menjadi ciri khas. Ikon yang dipakai ada banyak mulai dari bentuk bulat, segi lima, segitiga, dan masih banyak lagi. Nama perusahaan ada yang ditulis lengkap maupun inisial saja, selain itu biasanya ditambahkan gambar sebagai pelengkap lambang.

3. Letter Mark

Lambang letter mark hanya berisi inisial nama dari suatu perusahaan. Biasanya lambang ini akan mencantumkan 2 hingga 4 huruf saja sebagai singkatan kata dari nama tersebut. Perusahaan yang memakai letter mark biasanya mempunyai nama yang panjang sehingga lebih diringkas. Tetapi lambang ini juga mudah diketahui orang jika sudah banyak tersebar.

4. Pictorial Mark

Suatu instansi yang menggunakan pictorial mark dapat diketahui dari jenis ikon yang dipakai. Setiap perusahaan tentu memiliki ikon tersendiri yang terus melekat dalam nama brand. Biasanya lambang jenis ini mudah diingat orang karena gambar yang dicantumkan disertai nama perusahaan. Tetapi meskipun tidak diberi nama, lambang ini tetap menjadi identitas yang lebih mudah dihafal.

Contoh logo ada banyak mulai dari ikon apple, facebook, nama sekolah, nama restaurant, hingga merk sepatu. Brand yang memakai lambang sebagai identitas lebih mudah diketahui banyak orang. Sehingga penggunaan lambang sangat penting dalam memberikan informasi perusahaan.

Baca juga:

Tinggalkan komentar