close

Manfaat Brand Awareness dan Cara Membangunnya

Di dalam tahap pemasaran, kita tidak bisa langsung berharap target pasar kita untuk membeli produk, ada yang namanya tahap di mana mereka perlu tahu dan menyadari produk yang kita miliki. Tahap ini disebut juga dengan awareness.

Membangun brand awareness menjadi tahap awal dalam pemasaran yang bertujuan untuk memperkenalkan bisnis kepada target pasar. Bagi keberlangsungan bisnis, hal ini sangat penting karena saat target pasar sudah mengetahui keberadaan produk kita, mereka tidak akan segan membeli produk kita

Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara meningkatkan brand awareness, mari simak artikel berikut ini.

Daftar Isi

Manfaat Brand Awareness

Di atas kita sudah sedikit menyinggung bahwa brand awareness penting dilakukan agar bisnis terkenal. Ternyata tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lainnya yang akan didapatkan dengan menumbuhkan kesadaran merek, yaitu:

1. Menciptakan Kepercayaan Pelanggan

Brand awareness membuat produk atau jasa Anda dibicarakan orang dan menjadi semakin familiar di benak mereka. Alhasil target konsumen akan timbul rasa kepercayaan atas kualitas brand dan akhirnya mereka jadi tertarik untuk mencoba produk Anda.

2. Memudahkan Menjaring Konsumen Baru

Brand awareness juga membantu untuk membangun reputasi positif terhadap produk. Dengan begini Anda dapat menjaring konsumen baru karena semakin banyak orang yang tahu brand Anda.

3. Meningkatkan Nilai Jual

Brand awareness dapat meningkatkan nilai jual. Ini terjadi karena konsumen semakin sadar dengan keunikan produk yang tidak bisa mereka temukan di kompetitor.

Nilai ini bisa dari packaging yang unik, sistem promo, khasiat, dan lainnya.

Cara Mengembangkan Brand Awareness

Jika Anda mungkin masih sulit dan berpikir keras bagaimana meningkatkan brand awareness, cobalah beberapa cara berikut ini.

1. Coba Fokus pada Produk

Untuk dapat meningkatkan kesadaran merek, cobalah Anda fokus kepada produk yang kuat. Di sini dalam artian bahwa produk Anda memenuhi apa yang dibutuhkan mereka tanpa perlu bekerja keras.

2. Buat Positioning dan Personalitas

Cara berikutnya adalah dengan melakukan positioning yang memposisikan seperti apa produk ingin dilihat di mata konsumen. Misalnya memposisikan sebagai produk premium atau ekonomis.

3. Freemium

Ini adalah salah satu strategi promosi yang di mana Anda memberikan kesempatan mencoba produk Anda secara gratis. Kemudian, bila mereka ingin dapatkan lebih banyak mereka harus melakukan registrasi atau pembelian.

Strategi ini akan sangat cocok untuk bisnis software.

4. Lakukan Kerja Sama

Untuk bisa meningkatkan brand awareness Anda, cobalah untuk berkolaborasi dengan brand lainnya yang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Cara ini bukan hanya bisa dilakukan dengan brand yang sejenis, saat ini semakin banyak brand yang berkolaborasi dengan produk yang berseberangan dengan mereka.

Kolaborasi ini bisa membantu membangun awareness lebih luas lagi dan bisa saling bertukar konsumen.

5. Lakukan Pemasaran Melalui Media Sosial

Cara kelima untuk membangun brand awareness dan agar bisnis terkenal adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi. Anda bisa membuat media sosial dan memanfaatkannya sebagai saluran untuk membangun awareness target pasar.

Dengan memanfaatkan media sosial, Anda dapat meningkatkan kepercayaan mereka, dan dapat membangun interaksi.

Membangun brand awareness menjadi hal penting bagi masa depan bisnis. Oleh karena itu, hal ini perlu dilakukan dengan strategi yang matang. Anda juga memerlukan tim marketing yang andal untuk melakukannya. Bila saat ini Anda membutuhkan tim marketing atau sedang mengembangkan tim di perusahaan, memasang lowongan di KitaLulus bisa menjadi pilihan terbaik.

Memasang lowongan di KitaLulus gratis, mudah, dan cepat. Kandidat terbaik akan langsung menghubungi Anda melalui WhatsApp, dalam 3 hari Anda bisa mendapatkan kandidat yang Anda cari.

Tinggalkan komentar