close

Apa Yang Dimaksud dengan Hikayat

Daftar Isi

Pengertian Hikayat

Pengertian hikayat adalah sebuah karya sastra yang berisikan tentang cerita, kisah dan juga dongeng. Biasanya karya sastra ini menggambarkan tentang kehebatan seorang tokoh lengkap dengan semua keistimewaan dari kesaktian dan hal hebat apa yang dilakukannya.

Arti Kata Hikayat

Istilah kata hikayat adalah kata serapan  Bahasa Arab yang terdiri dari kata “haka” punya makna  cerita. Namun secara harfiah kata hikayat mengandung arti kenang-kenangan, sinonim dari kata riwayat. Secara umum cerita dapat dibedakan menjadi cerita rakyat, dongeng, cerita Islam, cerita sejarah, cerita biografi dan juga cerita berbingkai.

Seorang pujangga merupakan julukan untuk orang yang berprofesi sebagai penulis cerita. Ada banyak jenis hikayat yang bisa ditemukan contohnya saja Hikayat Aceh yang punya keistimewaan yaitu karya yang dikarang oleh seorang ulama dalam bentuk puisi sajak, isinya berupa fiksi dengan tujuan untuk memberikan pesan moral dan ajaran agama.

Jenis-jenis Hikayat

Jenis cerita ini masih dibedakan lagi menjadi dua babak yaitu berdasarkan sejarahnya dan berdasarkan isi yang terkandung di dalamnya. Hikayat berdasarkan sejarah atau history nya.

1. Masa Hindu

Cerita ini didasari pada dua kisah utama dalam agama hindu yaitu cerita Sri Rama dan Sinta dan cerita Mahabarata. Dari dua kisah utama dalam Agama Hindu ini lalu muncul cerita versi baru yaitu cerita Pandawa Lima.

2. Masa Hindu-Islam

Cerita dari masa ini diadaptasi dari cerita yang sudah berkembang di ajaran Hidup kemudian dimasukkan dalam unsur agama islam. Cerita yang sudah terbentuk contohnya cerita Si Miskin, Jaya Lengkara, dan  Inderaputera.

3. Masa Islam

Pada masa ini cerita diadaptasi dari tradisi Arab Persia dengan contoh cerita yang ada yaitu 1001 Malam dan  Qomar Al-Zamon.

Sedangkan jenis cerita berdasarkan isinya dibedakan lagi menjadi lima yaitu cerita agama, sejarah, peristiwa, jihad, dan romansa.

Ciri-ciri Hikayat

Hikayat memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan cerita lain yaitu menggunakan Bahasa Melayu Klasik, isi cerita tentang kehidupan istana, ceritanya fantasi yang kurang masuk akal, dan tidak disebutkan jelas siapa nama dari pengarangnya karena umumnya cerita akan disampaikan secara turun temurun.

Baca juga:

Tinggalkan komentar