Apa Yang Dimaksud dengan 2 Dimensi

Daftar Isi

Pengertian 2 Dimensi

2 dimensi atau yang sering dikenal dengan singkatan 2D merupakan sebutan bagi benda atau sesuatu yang hanya memiliki panjang dan lebar saja. Istilah tersebut sudah sering sekali kita dengan dalam kehidupan sehari-hari karena umum digunakan pada beberapa bidang. Hal tersebut membuat jenis-jenis 2D kemudian dibedakan berdasarkan bidangnya masing-masing.

Jenis-jenis 2 Dimensi

Berikut adalah beberapa bidang yang memiliki hubungannya dengan 2D.

1. Seni

Seni merupakan sebuah karya yang dibuat dengan konsep atau ide dari perasaan seseorang agar bisa dinikmati oleh orang lain. Seni sendiri memiliki 2 jenis yaitu seni 2D dan 3D, dimana seni 2D hanya memiliki panjang dan lebar saja, sedang seni 3D selain memiliki panjang dan lebar juga memiliki ruang.

2. Animasi

Jenis 2D yang berikutnya digunakan pada bidang Animasi. Jenis 2D yang satu ini dibuat dengan format gambar atau hanya memiliki panjang dan lebar saja, sedangkan untuk gerakannya bisa ke arah atas, bawah, kiri, dan kanan. Umumnya jenis Animasi 2D menggunakan karakter polos yang memiliki sifat tradisional.

3. Komputer

Beralih ke jenis 2D yang selanjutnya yaitu digunakan pada bidang komputer. Umumnya jenis 2D yang satu ini lebih mengarah pada desain yang menggunakan 2 buah objek. Model dari grafik 2D biasanya mengkombinasikan beberapa aspek seperti gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan model geometri (grafik vektor).

4. Matematika

Jenis 2D yang terakhir sering digunakan pada ilmu Matematika. 2D yang digunakan pada ilmu Matematika merupakan sebuah pemahaman mengenai objek atau benda yang hanya memiliki panjang dan lebar saja. Biasanya kita akan dihadapkan pada sebuah kasus yang harus menggunakan rumus untuk menghitung besaran objek atau benda tersebut.

Beberapa contoh yang bisa diambil dari jenis-jenis 2 dimensi atau 2D yang sudah dibahas sebelumnya yaitu pada bidang seni ada lukisan, pada bidang animasi ada kartun (Tom and Jerry), pada bidang komputer ada foto, dan pada Matematika ada bangun datar. Setiap bidangnya memiliki konsep yang berbeda-beda, namun jika melihat secara umum semua 2D tersebut memiliki 1 kemiripan yang sama yaitu hanya memiliki panjang dan lebar saja.

Baca juga:

  1. Apa itu Catcher
  2. Pengertian Campuran Homogen dan Campuran Heterogen
  3. Apa Yang Dimaksud Cagar Alam

Tinggalkan komentar