Apa Yang Dimaksud Dengan Arranger

Pengertian Arranger

Arranger adalah seseorang yang bekerja untuk memoles sebuah lagu mulai dari dasar hingga terbentuk secara sempurna. Mereka harus menyusun semuanya dengan tepat sehingga publik pun dapat mendengarkan lagu tersebut. Karena itulah, mereka harus memiliki kemampuan komposer dan aransemen yang baik.

Jenis-jenis Arranger atau aransemen

Berikut ini jenis-jenis yang harus mereka aransemen:

1. Aransemen Campuran

Aransemen campuran berarti menggabungkan dua jenis aransemen, yakni vokal dan instrumen. Pada jenis ini instrumen vokal adalah bagian yang paling ditonjolkan sementara instrumen hanya berfungsi sebagai pengiring sekaligus pemeriah lagu yang sudah disusun, sehingga jika ditunjukkan kepada publik bisa terjadi dengan megah.

2. Aransemen Vokal

Pada aransemen vokal, akan ada dua suara hingga empat suara. Penyusunan aransemen vokal terlebih dalam tiga dan empat suara akan memerlukan lebih banyak persyaratan lagi yang harus diperhatikan dengan serius. Apabila aransemen vokal dirasa masih kurang sempurna, maka harus disusun kembali sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Banyak yang menganggap bahwa aransemen vokal termasuk ke dalam proses yang lumayan memakan waktu jika ada banyak suara. Namun, vokal dua suara adalah aransemen yang paling mudah.

3. Aransemen Instrumen

Jenis aransemen yang terakhir ini memiliki proses penyusunan yang berbeda dengan aransemen vokal. Pada jenis aransemen ini, alat musik menjadi hal yang sangat penting karena harus mampu membawakan vokal dengan tepat. Semakin lengkap alat musik yang dipakai, kemungkinan besar variasi lagu yang tercipta pasti akan terasa lebih bagus.

Penyusunan instrumen berpegang teguh kepada pengetahuan mengenai akord dan ilmu harmoni. Selain itu, proses ini juga membutuhkan pengetahuan mengenai istilah asing yang biasanya ditemukan seperti partitur. Kebanyakan partitur dimainkan secara bergantian sedangkan pada aransemen vokal partitur umumnya dibunyikan secara bersama.

Karena semua jenis aransemen tersebut, maka tidak mengherankan jika seorang arranger berperan sangat penting. Sebagai contohnya, mereka akan berperan penting untuk mengaransemen musik pada beberapa media yang disukai oleh masyarakat, mulai dari seni pertunjukan, iklan, film, album, single, dan lain sebagainya.

Baca juga:

  1. Apa itu Apresiasi Tari 
  2. Pengertian Apresiasi Seni
  3. Apa Yang Dimaksud Antibiosis

Tinggalkan komentar