Apa Yang Dimaksud Dengan Cell Atau Sel Dalam Excel

Daftar Isi

Pengertian Cell Atau Sel Dalam Excel

Cell atau sel dalam Excel menjadi salah satu unsur penting dalam penggunaan Excel. Mereka yang tidak terbiasa menggunakan Excel tentu akan kesusahan membedakan mana cell, kolom, baris atau range.

Cell sendiri merupakan bagian terkecil dalam worksheet, ia juga menjadi ruang bertemunya kolom dengan baris. Di cell inilah rumus dan data dihitung ketika menggunakan Ms Excel.

Jenis-jenis Cell

Penjelasan cell tidak akan lengkap jika tidak membahas mengenai bagian yang lain, yakni:

1. Range

Merupakan rentang atau gabungan dari beberapa cell. Range sendiri terdiri dari beberapa bagian, yakni kolom, baris, atau gabungan diantara keduanya. Range biasanya menggunakan titik dua sebagai penyambung.

2. Kolom

Berikutnya adalah kolom, di bagian adalah worksheet yang melintang secara vertikal, yaitu dari atas ke bawah. Kolom ditandai dengan huruf abjad, yakni A, B, C dan seterusnya sampai habis. Ada 16.384  kolom yang tersedia di Excel dan bisa digunakan seluruhnya.

3. Row

Terakhir adalah row atau baris, ini merupakan bagian worksheet Excel yang bentuknya horizontal atau melintang, yakni dari kanan ke kiri. Row ditandai dengan angka, dari angka 1 sampai angka 1.048.576 dan semua baris tersebut bisa digunakan oleh pengguna Excel.

Dalam Excel terdapat beberapa fungsi lain yang harus diketahui, misalnya cara untuk melakukan copy dan cut. Dengan fitur tersebut pemindahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Untuk menggunakan menu cut, Anda bisa menggunakan tombol kombinasi keyboard ctrl + x untuk cut dan ctrl + c untuk copy. Jika Anda melakukan cut pada data, maka data akan berpindah antara satu cell ke cell yang lain. Berbeda jika Anda melakukan copy, maka data akan tersalin dari satu cell ke cell yang lain.

Anda juga bisa menggunakan fitur tersebut lewat menu pintas yang tersedia di bagian atas worksheet. Menggunakan keypad atau mouse juga bisa memunculkan fitur yang satu ini, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Cell atau sell dalam Excel bisa Anda isi dengan berbagai data, khususnya angka dan rumusnya.

Baca juga:

Tinggalkan komentar