close

Apa Yang Dimaksud dengan Flowchart

Daftar Isi

Pengertian Flowchart

Bagian alur atau flowchart merupakan diagram yang menampilkan beberapa langkah serta keputusan guna melakukan suatu proses untuk suatu program. Pada setiap langkahnya akan digambarkan dengan bentuk diagram yang dihubungkan dengan arah panah atau garis. Bagian alur ini memiliki peran yang penting untuk memutuskan sutau fungsionalitas atau langkah di sebuah proyek pembuatan program dengan melibatkan orang banyak.

Jenis-jenis Flowchart

Jenisnya ada sendiri setidaknya ada lima.

1. Flowchart Program

Bagian alur yang satu ini menggambarkan dengan rinci mengenai prosedur dari sebuah proses program. Di dalam sini ada dua macam yaitu bagian alur logika program dan bagian alur komputer terinci.

2. Flowchart Dokumen

Jenis ini juga dapat disebut sebagai paperwork flowchart. Bagian alur dokumen ini memiliki fungsi guna menelusuri alur form pada satu bagian kepada bagian yang lainnya, termasuk pula bagaimana laporan tersebut dicatat, diproses, dan juga disimpan.

3. Flowchart Sistem

Jenis yang ketiga adalah bagian alur sistem. Jenis satu ini akan menampilkan proses kerja atau tahapan yang sedang berlangsung dalam sistem dengan menyeluruh. Selain itu, jenis ini juga akan menguraikan data urutan pada setiap prosedur yang terdapat di dalam sistem.

4. Flowchart Skematik

Bagian alur tersebut menampilkan alur prosedur milik suatu sistem dan memang hampir menyerupai bagian alur sistem. Akan tetapi, terdapat perbedaan dari pemakaian beberapa simbol untuk menggambarkan alurnya. Selain simbol, jenis ini juga memakai beberapa gambar komputer dan peralatan lain guna mempermudah untuk pembacaan bagi orang awam.

5. Flowchart Proses

Terakhir adalah bagian alur proses, yang mana cara penggambaran dari rekayasa industrial yakni dengan merinci serta menganalisis berbagai langkah berikutnya di dalam suatu sistem atau prosedur.

Pada dasarnya, berbagai simbol di dalam flowchart mempunyai arti yang berbeda. Ada yang fungsinya sebagai penghubung antara satu simbol dengan simbol yang lain seperti simbol on page, flow, dan juga off page reference. Selain itu, ada pula simbol yang fungsinya sebagai penunjuk sebuah proses yang sedang berjalan.

Baca juga:

Tinggalkan komentar