Apa Yang Dimaksud Dengan Golongan Darah

Pengertian Golongan Darah

Golongan darah merupakan sebuah sistem untuk mengklasifikasi darah dari suatu kelompok berdasar pada ada atau tidaknya zat antigen dalam permukaan lapisan sel darah merah. Hal tersebut diakibatkan karena terdapat perbedaan jenis protein dan karbohidrat pada permukaan membran sel darah tersebut. Golongan darah sendiri dibedakan menjadi beberapa.

Jenis-jenis Golongan Darah

Secara umum yaitu golongan darah A, golongan darah B golongan darah AB serta golongan darah O.

1. Golongan Darah A

A positif: Merupakan salah satu dari jenis golongan darah yang memang paling banyak ditemukan. Dari seluruh populasi dunia, setidaknya terdapat 27,4% yang memiliki golongan darah ini. Seseorang yang memiliki golongan darah tipe A positif hanya dapat  melakukan donor darah pada orang yang memiliki golongan darah A positif atau golongan darah AB positif.

A negatif: Termasuk dalam tipe golongan darah yang cukup langka. Kurang dari 2% populasi dunia yang memiliki golongan darah ini. Pemilik golongan darah A negatif bisa mendonorkan darah mereka pada golongan darah AB atau A.

2. Golongan Darah B

B positif: Seseorang yang memiliki jenis golongan darah B positif tersebut bisa mendonorkan darah mereka pada seseorang yang memiliki golongan darah AB positif dan darah B positif. Setidaknya terdapat 22% orang yang memiliki golongan darah ini.

B negatif: Golongan darah ini juga terbilang langka, karena hanya 1% populasi dunia yang memilikinya. Dapat mendonorkan darah pada golongan darah AB atau B.

3. Golongan Darah AB

AB positif: Bagi pemilik golongan darah AB positif ini, mereka bisa menerima atau plasma dari jenis darah apapun. Golongan darah AB disebut juga sebagai penerima universal.

AB negatif: Berbeda dengan golongan darah AB positif, golongan darah AB negatif disebut sebagai donor plasma universal.

4. Golongan Darah O

O positif: Merupakan salah satu golongan darah yang juga umum ditemukan. Hampir 40% populasi dunia memiliki golongan darah ini. Pemilik dari golongan darah O positif bisa memberikan darah mereka pada siapa saja yang memiliki golongan darah positif.

O negatif: Seseorang yang memiliki golongan darah O negatif mampu mendonorkan darahnya pada golongan darah apa pun itu.

Baca juga:

Tinggalkan komentar