Pengertian Iklan Elektronik
Media iklan merupakan sarana promosi bagi suatu usaha untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi mengenai usahanya. Media iklan dibedakan menjadi beberapa macam yaitu iklan media cetak dan iklan elektronik. Pembahasan kali ini seputar iklan Media elektronik. Bentuk dari media elektronik yang biasa dipakai untuk beriklan antara lain TV, Radio dan juga internet.
Kelebihan iklan di media elektronik antara lain biaya iklan yang lebih murah dengan jangkauan yang lebih luas, media elektronik memungkinkan terhubung satu sama lain.
Jenis-jenis Iklan Elektronik
Adapun jenis-jenis iklan elektronik diantaranya:
1. Iklan Televisi
Media televisi sampai sekarang masih banyak ditonton oleh masyarakat. Iklan di media Televisi ini sangat cocok untuk bisnis yang memang memiliki sasaran distribusi ke seluruh negeri. Iklan televisi bentuknya berupa audio, visual dan teks. Satu iklan produk bisa diiklankan di beberapa stasiun televisi untuk menarget jangkauan yang lebih luas dari audiens stasiun televisi tersebut.
2. Iklan Radio
Radio menjadi media kedua dalam iklan elektronik, radio memiliki jangkauan siaran yang lebih terbatas dibandingkan dengan tv. Bentuk iklan di radio berupa audio yang terdiri dari voice over, musik, smash dan effect audio lainnya. Iklan radio cocok untuk dipakai untuk bisnis ataupun instansi pemerintah yang memang target audiensnya dalam cakupan tertentu. Contohnya iklan layanan masyarakat jauhi narkoba oleh pemerintah daerah.
3. Iklan media digital
Seiring dengan pertubuhan internet menjadikannya medianya yang tepat pula untuk beriklan. Media beriklan di internet ini banyak jenisnya masing-masing platform menyediakan fasilitas untuk beriklan antara lain sosial media, mesin pencarian, dan aplikasi smartphone. Iklan di media digital menggunakan SEO atau Search engine marketing supaya produk bisa mendapatkan jangkauan pemirsa yang lebih banyak.
Iklan elektronik media digital sekarang banyak dipakai bukan hanya oleh perusahaan besar tetapi juga UMKM. Iklan di televisi fungsinya lebih kepada product awareness, sedangkan iklan radio mempunya target market yang spesifik . Karakteristik dari iklan elektronik adalah bahasanya menarik, mudah dipahami dan durasinya cenderung sangat singkat 5-15 detik saja.
Baca juga: