Apa Yang Dimaksud Dengan Interaksi Sosial

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah komunikasi timbal balik antara individu dengan kelompok yang menghasilkan hubungan dinamis. Interaksi ini sangat penting karena setiap manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Saat ini sudah banyak media yang bisa digunakan untuk berinteraksi mulai dari radio dan handphone yang memudahkan komunikasi tanpa bertemu langsung.

Jenis-Jenis Interaksi Sosial

1. Akomodasi

Akomodasi dilakukan oleh suatu kelompok untuk mengatasi permasalahan yang saling bertentangan. Interaksi jenis ini sangat diperlukan di dalam suatu perusahaan supaya masalah cepat teratasi. Jika antar individu tidak mampu mengatasi permasalahan maka dapat mengundang orang ketiga.

Akomodasi memang berhubungan dengan penyelesaian suatu permasalahan. Kedua kelompok yang terlibat dalam suatu masalah biasanya menggunakan akomodasi dengan mengambil jalur tengah untuk menghasilkan kesepakatan.

2. Asimilasi

Asimilasi salah satu bentuk interaksi yang bertujuan untuk mengurangi perbedaan atau selisih antar kelompok. Asimilasi juga sebagai bentuk peleburan kebudayaan menjadi satu agar bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat. Namun, interaksi tersebut membutuhkan sikap kesatuan dan cinta tanah air yang tinggi.

3. Akulturasi

Akulturasi ditandai dengan penerimaan budaya asing namun tidak menghilangkan budaya asli tanah air. Hal tersebut sering dilihat dari cara berpakaian, produk, hingga komunikasi yang dilakukan antar individu. Proses akulturasi ini menjadi bentuk interaksi yang dapat mencampurkan budaya tanpa melupakan kebudayaan yang sudah ada. Masyarakat diharapkan bisa menerima budaya tersebut.

4. Kerja Sama

Kerja sama sangat diperlukan dalam suatu tim untuk menghasilkan tujuan yang sama. Interaksi yang baik antar individu akan menghasilkan kerja sama yang menguntungkan. Dalam suatu kerja sama juga diperlukan kesepakatan yang sesuai agar tidak terjadi selisih paham. Jadi bentuk interaksi ini  membutuhkan visi dan misi yang sama.

Contoh interaksi sosial ada banyak mulai dari interaksi individu dengan individu serta individu dengan kelompok yang lebih besar. Interaksi ini tentu membutuhkan komunikasi yang baik supaya tidak terjadi kesalahpahaman informasi. Selain itu interaksi yang baik juga menghasilkan kesepakatan yang sesuai.

Baca juga:

  1. Apa itu Intensifikasi
  2. Pengertian Insert
  3. Apa Yang Dimaksud Implantasi

Tinggalkan komentar