Apa Yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi

Pengertian Kegiatan Ekonomi 

Kegiatan ekonomi yakni usaha yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan guna memperoleh barang ataupun jasa. Bila disederhanakan, maka pengertian kegiatan ini di dalam aspek ekonomi yakni dilakukan oleh manusia yang semata-mata supaya mencapai kemakmuran untuk kehidupan.

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi

Berikut ini ada tiga jenis dari kegiatan yang satu ini.

1. Kegiatan Distribusi

Kegiatan distribusi ini didefinisikan menjadi kegiatan untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Kegiatan yang satu ini bertujuan supaya barang atau jasa tersebar dengan luas kepada banyak orang yang memerlukan. Dalam kegiatan ini biasanya pemerintah juga ikut andil di dalamnya.

Di samping fungsi itu, pelaku distribusi atau yang sering disebut dengan distributor juga harus memastikan produk maupun jasa tersebut telah diterima oleh konsumen secara baik. Alur dari kegiatan distribusi ini ada beberapa tahap.

Diantaranya adalah pembelian dari produsen, pengangkutan produk, pengemasan, penjualan ke pedagang ataupun grosir, penyimpanan, standarisasi kualitas produk, klarifikasi produk, promosi produk, dan penyaluran produk.

2. Kegiatan Produksi

Jenis yang paling pertama adalah kegiatan produksi. Kegiatan produksi adalah aktivitas yang bisa menghasilkan suatu produk barang ataupun jasa. Di dalam kegiatan ini memiliki tujuan agar barang dan juga jasa yang dihasilkan bisa memenuhi kebutuhan para konsumen.

3. Kegiatan Konsumsi

Jenis yang terakhir adalah kegiatan konsumsi. Kegiatan konsumsi ini merupakan suatu kegiatan pemakaian barang ataupun jasa yang didapatkan dari produsen. Tujuan konsumen yang melakukan kegiatan yang satu ini yaitu karena ingin memenuhi kebutuhan dalam hidupnya. Kegiatan konsumsi juga bisa diartikan sebagai aktivitas menghabiskan suatu nilai untuk barang supaya kebutuhan dapat terpenuhi.

Contoh Kegiatan Ekonomi

Contoh kegiatan ekonomi di dalam produksi di Indonesia sebagai negara penghasil biji kopi adalah membuat produk kopi siap saji yang dijual ke dalam negeri maupun luar negeri. Contoh kegiatan distribusi adalah pemerintah Indonesia melakukan pemasaran serta penjualan berbagai produk pangan berkualitas dalam negeri, salah satunya komoditas alam. Sedangkan, contoh kegiatan konsumsi adalah seseorang yang membeli beras di toko untuk dimasak lalu dikonsumsi bersama keluarga.

Baca juga:

Tinggalkan komentar