Apa Yang Dimaksud dengan Kebugaran Jasmani

Daftar Isi

Pengertian Kebugaran Jasmani

Physical fitness atau yang dikenal dengan nama kebugaran jasmani merupakan kondisi tubuh saat hendak melakukan aktivitas yang berhubungan dengan fisik.

Jenis-jenis Kebugaran Jasmani

Kali ini kita akan membahas beberapa jenis latihan yang bisa mempengaruhi physical fitness.

1. Kekuatan

Kekuatan merupakan sebuah kondisi yang tubuh yang berhubungan dengan otot. Dimana semakin kuat kekuatan maka semakin bagus juga kemampuan fisik seseorang.

2. Daya Otot

Otot pada pria dan wanita memang beda. Namun jika dilatih dengan baik maka daya otot dari wanita bisa menyamai pria, tidak hanya itu dengan daya otot yang bagus maka aktivitas sehari-hari bisa lebih mudah dilakukan.

3. Daya Tahan

Untuk bisa beraktivitas dalam waktu yang lama maka tubuh butuh yang namanya daya tahan. Maka dari itu olahraga santai dalam kurun waktu yang lama bisa membuat tubuh anda memiliki daya tahan yang bagus.

4. Kelenturan

Sendi manusia merupakan sebuah bagian tubuh yang sangat vital terlebih saat menggerakan badan. Oleh karena itu pastikan anda selalu melakukan gerakan yang bisa membuat sendi anda tetap optimal.

5. Kecepatan

Dengan semakin berkembangnya teknologi membuat banyak hal harus dikerjakan dalam waktu yang singkat. Hal tersebut membuat tubuh seseorang harus memiliki kecepatan yang bagus, oleh karena itu sering-seringlah latihan yang berhubungan dengan kecepatan.

6. Koordinasi

Koordinasi merupakan sebuah kemampuan manusia yang dapat mengintegrasikan semua bagian tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Untuk bisa melakukan koordinasi dengan baik membutuhkan kemampuan otak yang baik juga.

7. Kelincahan

Selain kecepatan kita juga sering dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lincah. Hal tersebut dikarenakan banyak situasi yang mengharuskan kita agar tetap bergerak cepat dalam melewati berbagai macam rintangan.

8. Ketepatan

Selanjutnya ada jenis latihan untuk ketepatan dalam menggerakan anggota tubuh ke sasaran yang ditetapkan. Jenis latihan ini sangat berguna bagi anda yang bekerja di bidang olahraga.

9. Reaksi

Beralih ke jenis latihan berikutnya yaitu reaksi. Kemampuan tubuh dalam bertindak atau bereaksi merupakan sebuah keahlian yang harus ditingkatkan.

10. Keseimbangan

Terakhir ada keseimbangan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam mengendalikan tubuhnya. Tidak hanya kemampuan mengendalikan tubuh saja, tetapi setiap gerakan yang dilakukan wajib baik dan benar.

Setelah mengetahui jenis latihan yang cocok untuk meningkatkan kebugaran jasmani maka berikut adalah contoh-contoh latihannya. Dimulai dari kekuatan (push-up), daya otot (angkat beban), daya tahan (jogging), kelenturan (yoga), kecepatan (sprint), koordinasi (pukul pantulan bola tenis dari dinding), kelincahan (naik turun tangga), ketepatan (memanah), reaksi (menangkap bola), dan keseimbangan (sikap lilin).

Baca juga:

Tinggalkan komentar