close

Apa Yang Dimaksud dengan Jujur

Daftar Isi

Pengertian Jujur

Jujur atau kejujuran merupakan sebuah tindakan yang mengarah kepada perilaku baik, berbudi luhur, dan berterus terang terhadap sesuatu hal yang benar-benar diketahui tanpa menambah atau mengurang hal tersebut. Kejujuran sendiri sangat dihargai dalam agama maupun budaya, sehingga membuat orang yang sering berperilaku jujur akan sangat disegani.

Jenis-jenis kejujuran

Selanjutnya kita akan melihat beberapa jenis kejujuran yang sering ditemui di masyarakat.

1. Jujur Dalam Berbicara

Jenis kejujuran yang pertama adalah kejujuran dalam berbicara. Saat ini banyak sekali hal yang bisa terjadi setiap saatnya, dimana akan ada beberapa orang yang dijadikan narasumber atau sumber penggalian informasi. Namun tidak semua orang dapat mengatakan sama persis seperti apa yang dia ketahui, dimana akan ada beberapa orang yang melakukan penambahan atau pengurangan pada informasi yang diberikan tersebut.

2. Jujur Dalam Kehendak

Selanjutnya ada kejujuran dalam kehendak yang bisa dilihat dari tindakan seseorang. Jenis kejujuran yang satu ini sangat mudah terbaca karena berhubungan dengan gerak tubuh, oleh karena itu banyak tindakan kekerasan yang bisa diterima oleh pelaku yang melanggar kejujuran dalam berkehendak. Meskipun sudah banyak korban yang berjatuhan akibat melanggar jenis kejujuran yang satu ini namun masih banyak orang yang melakukannya.

3. Jujur Dalam Niat dan Kehendak

Beralih ke jenis kejujuran selanjutnya yaitu kejujuran dalam niat dan kehendak. Jenis kejujuran yang satu ini tergolong susah untuk diketahui, dimana hanya beberapa orang yang belajar tentang psikologi manusia saja yang dapat membaca jenis kejujuran dalam niat dan tindakan. Hal tersebut dikarenakan untuk bisa dikatakan sudah berbuat kejujuran dalam niat dan kehendak harus benar-benar ikhlas tanpa mengharapkan timbal balik.

Setelah mengetahui apa itu Jujur atau kejujuran maka selanjutnya kita akan melihat contoh dari masing-masing jenis kejujuran. Untuk kejujuran dalam berbicara contohnya adalah ketika anda mengatakan apa yang diketahui tanpa mengurangi atau menambahkan aspek lainnya, kemudian contoh dari kejujuran dalam kehendak adalah mengembalikan apa yang bukan hak kita, dan contoh kejujuran dalam niat dan kehendak adalah memberikan bantuan dengan tulus tanpa mengharapkan balasan.

Baca juga:

Tinggalkan komentar