Apa Yang Dimaksud dengan Voting

Pengertian Voting Suara

Voting adalah suatu pemungutan suara yang dilakukan untuk pemilihan. Biasanya pemungutan ini dilakukan karena musyawarah belum mencapai hasil yang mufakat. Hasil suara terbanyak menjadi penentuan pemenang dari pemungutan ini yang dipilih langsung oleh peserta. Keputusan yang dihasilkan dari pemungutan suara tersebut sangat umum dilakukan di dalam suatu organisasi.

Jenis-Jenis Voting

1. Terbuka

Pemungutan suara yang dilakukan secara terbuka akan membuat pemilih berkesempatan melihat hasil pilihan dari orang lain. Biasanya peserta akan mengacungkan jari ketika mengikuti pemungutan secara terbuka ini. Keterbukaan dari pemilihan suara akan lebih bersifat transparan sehingga semua peserta yang berpartisipasi bisa mengetahui hasil pemungutan secara langsung.

Tetapi jenis pemungutan terbuka akan memungkinkan peserta mendapat paksaan dari pihak lain. Pemungutan suara jenis ini harus disesuaikan dengan permasalahan yang terjadi. Selain itu kondisi suatu daerah juga sangat berpengaruh terhadap jenis suara terbuka. Jadi tidak semua permasalahan atau pemilihan dalam organisasi bisa memakai jenis suara terbuka karena harus disesuaikan dahulu.

2. Tertutup

Jenis pemungutan suara tertutup membuat peserta tidak mengetahui hasil pemilihan dari peserta lain. Biasanya pemilihan yang dilakukan menggunakan kertas dengan penyekatan karena bersifat rahasia. Hasil pemilihan suara akan dibacakan secara langsung oleh petugas dengan membuka kertas tersebut. Sehingga pemungutan tertutup ini lebih aman, jujur, dan adil.

3. E-Voting

Pemilihan suara yang sudah menggunakan teknologi canggih saat ini banyak diterapkan oleh organisasi penyelenggara. Sistem yang dipakai menggunakan surat suara serta menayangkan hasil  perhitungan melalui teknologi digital dari layar. Pemungutan suara jenis ini lebih efektif karena peserta tidak mudah terpengaruh oleh orang lain dalam menentukan pilihan saat berpartisipasi.

Contoh voting sangat beragam seperti pemilihan ketua kelas, pilkada, pilkades, serta masih banyak lagi. Pemungutan suara lebih efektif karena dapat menentukan pemenang dari hasil terbanyak. Selain itu peserta dapat memilih suara sesuai keinginan hati tanpa paksaan dari siapapun. Jadi pemungutan suara mampu menyelesaikan suatu masalah pemilihan yang terjadi dalam satu lingkup masyarakat.

Baca juga:

Tinggalkan komentar