Apa Yang Dimaksud dengan Westernisasi

Daftar Isi

Pengertian Westernisasi Budaya

Westernisasi merupakan peniruan suatu budaya barat yang dapat mempengaruhi gaya hidup. Saat ini sudah banyak masyarakat yang meniru budaya dari luar negeri. Beberapa peniruan ini ada yang berpengaruh negatif maupun positif tergantung dari seseorang yang menerapkan budaya itu. Selama meniru budaya dari luar Anda juga harus tetap mempertahankan unsur kebudayaan asli.

Jenis-Jenis Westernisasi

1. Gaya Hidup

Masyarakat yang terpengaruh budaya barat akan banyak mengalami perubahan gaya hidup. Sebagian orang lebih suka makanan cepat saji seperti orang barat. Selain itu gaya hidup lebih bersifat konsumtif yang tidak memperhitungkan finansial ketika membeli suatu barang. Hal ini sering dilakukan karena meniru budaya barat sehingga masyarakat lebih boros.

Jika seseorang menerapkan gaya hidup konsumtif secara terus menerus maka akan berakibat buruk. Perekonomian menjadi tidak seimbang dengan gaya hidup karena selalu ingin membeli produk yang tidak sesuai kebutuhan. Bahkan sekarang banyak orang yang membeli produk dari luar negeri. Akibatnya produk yang diproduksi dalam negeri menjadi kurang diminati.

2. Pergaulan

Pergaulan yang semakin terbuka sekarang sudah banyak ditemui di kalangan anak muda. Bahkan banyak yang memakai gaya pakaian meniru orang barat. Beberapa orang yang meniru perubahan budaya ini akan mengubah perilaku yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Sehingga pergaulan perlu mengalami penyaringan apakah akan menimbulkan pengaruh buruk atau tidak.

3. Budaya

Perilaku yang menganut budaya dari luar seperti suka menonton konser musik membuat beberapa kebudayaan asli mulai ditinggalkan. Kalangan anak muda lebih menyukai musik dengan bahasa barat daripada bahasa negara sendiri. Selain itu gaya bicara juga cenderung meniru bahasa dari luar. Sehingga pengaruh budaya sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat.

Contoh westernisasi bisa dilihat dari sikap individualis yang muncul, membeli produk luar negeri, suka berpesta, menyukai gaya busana barat, serta penyimpangan perilaku. Pengaruh budaya dari luar jika tidak dipilah dengan baik akan berdampak buruk terhadap budaya dalam negeri. Jadi seseorang harus lebih mencintai budaya sendiri meskipun banyak pengaruh dari luar yang datang.

Baca juga:

Tinggalkan komentar