Apa Yang Dimaksud dengan Wudhu

Daftar Isi

Pengertian Wudhu

Wudhu diartikan sebagai penyuci yang bisa menghilangkan hadas. Sebagai salah satu syarat sah shalay, tentu saja terdapat rukun dalam berwudhu yang wajib dilengkapi. Dikarenakan, bila tak berurutan ataupun terdapat bagian dari rukun tersebut yang terlewatkan, maka bisa saja shalat dan wudhunya tak sah dilakukan. Berbeda dengan tayamum yang tak berfungsi untuk penghilang hadas, namun hanya sebagai syarat diperbolehkannya ibadah shalat.

Rukun Wudhu

Beberapa rukun dalam berwudhu sebagai berikut.

1. Niat

Apabila seseorang membasuh anggota berwudhu dengan niat untuk membersihkan atau untuk mengurangi rasa panas, maka hal itu tak dianggap sebagai orang berwudhu, Hal ini yang dapat dijadikan landasan melafazkan niat. Walaupun letak niat sebetulnya terdapat di dalam hati, namun ada beberap orang yang percaya kalau melafalkan niat dapat menghadirkan kekhusyukan ketika melakukan sesuatu.

2. Membasuh Wajah

Batasan wajah yaitu bagian atas dari kening yang menjadi tempat rambut tumbuh hingga bagian dagu. Bagian itu yang merupakan batasan wajah yang wajib terkena air ketika berwudhu. Rukun ini juga termasuk kumur-kumur serta memasukkan air ke dalam hidung atau istinsyaq. Ada hadis yang menyampaikan bahwa hal ini adalah kebiasaan Rasulullah bila beliau akan berwudhu.

3. Membasuh Kedua Tangan Sampai Siku

Sebetulnya, tak terdapat aturan khusus mengenai cara membasuhnya. Hal yang paling penting yaitu meratakan air ke kedua tangan.

4. Mengusap Kepala

Mengusap kepala ini termasuk dalam beberapa bagian kepala serta bagian yang lainnya yaitu mengusap kedua kuping.

5. Mencuci Kedua Kaki Sampai Mata Kaki

Dalam hal ini yang dibasuh yaitu bagian kedua telapak dan kedua mata kaki. Tak harus membasuh hingga ke betis ataupun lutut.

6. Tertib

Tertib di sini yaitu melakukan gerakan berwudhu secara berurutan, yakni dari wajah, tangan, kepala, dan kaki wajib diusap berurutan dan tak boleh dibolak-balik.

Selain rukunnya, ada juga beberapa syarat sah wudhu. Beberapa adalah menggunakan air suci, air yang digunakan halal dan bukanlah air curian, serta membersihkan benda-benda yang bisa menghalangi air untuk menyentuh kulit.

Baca juga:

Tinggalkan komentar