Apa Yang Dimaksud Dengan Asimetris

Pengertian Asimetris

Asimetris adalah sebuah elemen yang sangat penting untuk diperhatikan ketika sedang melukis, karena hasil gambar sangat memperhatikan keseimbangan ini. Biasanya, keseimbangan ini memiliki elemen yang tidak seimbang pada dua sisi yang ada di garis vertikal imajiner halaman web. Tidak hanya itu, namun ada juga jenis keseimbangan yang lain seperti berikut.

Jenis-jenis Asimetris

1. Keseimbangan Simetris

Keseimbangan simetris adalah jenis keseimbangan di dunia seni yang berusaha untuk membentuk satuan benda berdasarkan pola yang sudah beraturan. Biasanya, keseimbangan ini merupakan komponen desain yang tercermin pada titik pusat atau garis sumbu. Dengan begitu, maka kita bisa melihat seluruh komponen tersebut memiliki bentuk yang sama.

Keseimbangan simetris lebih mudah dianalisa dan dicerna oleh mata kepala manusia. Akan tetapi, sifatnya sangat rapi dan berwibawa karena disusun memakai standar yang sudah diresmikan sebelumnya. Salah satu contoh keseimbangan simetris yang bisa diperhatikan adalah gambar pemandangan yang mengandung berbagai bentuk benda pada satu bagian gambar tersebut.

2. Keseimbangan Asimetris

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, jenis keseimbangan ini tidak tergolong rapi ataupun seimbang layaknya pantulan cermin. Sifatnya pun cenderung lebih modern, bebas, progresif, informal, dan nilainya sangat tinggi jika ada sesuatu yang cukup berbeda dari objek tersebut. Hal ini tentu saja membuat lukisan menjadi lebih menarik dan menonjol.

Tata letak desain jenis keseimbangan ini menjadi lebih dinamis jika diaplikasikan pada ruang kosong. Selain itu, keseimbangan jenis ini tidak terpaku terhadap titik pusat atau garis sumbu sehingga tampak sangat berantakan atau acak-acakan.

Hasilnya akan tampak sebuah objek yang tersusun tanpa mengikuti pola yang teratur. Objek tersebut hanya terlihat seperti objek abstrak saja dan tidak mempedulikan pola-pola keseimbangan apapun.

Ada begitu banyak contoh penerapan keseimbangan asimetris ini dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yang paling tampak menonjol adalah pada logo beberapa produk terkenal. Contoh yang lainnya yaitu sebuah gambar pemandangan yang sebagian kertasnya memiliki benda, sedangkan pada bagian yang lain tidak ada benda apapun.

Baca juga:

  1. Apa itu Aset
  2. Pengertian Arranger
  3. Apa Yang Dimaksud Apresiasi Tari 

Tinggalkan komentar