close

Apa Yang Dimaksud dengan Daftar Riwayat Hidup

Daftar Isi

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup merupakan dokumen seseorang yang berisi data diri secara lengkap mulai dari riwayat pendidikan hingga pengalaman kerja. Biasanya dokumen tersebut dibutuhkan ketika seseorang ingin melamar kerja. Pimpinan akan membaca data diri yang sudah Anda tuliskan secara lengkap. Jadi Anda harus menulis data secara urut agar pimpinan bisa mengetahui riwayat Anda.

Jenis-Jenis Daftar Riwayat Hidup

1. Fungsional

Jenis riwayat hidup ini lebih menekankan pada riwayat pekerjaan. Anda dapat menuliskan keahlian secara spesifik berdasarkan pengalaman kerja yang pernah diperoleh. Sebelum melamar pekerjaan Anda harus menuliskan riwayat tersebut secara lengkap mengenai keahlian yang ditawarkan. Selain itu pastikan posisi yang dilamar sudah sesuai keahlian agar memiliki peluang diterima kerja.

2. Kronologi

Riwayat hidup kronologi lebih sering dipakai seseorang dalam mendukung dokumen lamaran kerja. Dokumen jenis ini berisi penjelasan secara runtut mengenai data diri, pendidikan, pengalaman kerja. Anda bisa menuliskan data tersebut dengan memakai urutan tahun secara lengkap dan jelas. Hal itu berguna agar pimpinan perusahaan lebih mudah mengetahui data Anda.

3. Campuran

Anda yang memakai jenis riwayat hidup campuran bisa menggabungkan antara fungsional dan kronologis. Anda dapat menjelaskan mengenai keahlian yang dimiliki serta pengalaman kerja secara rinci. Beberapa perusahaan ada yang membutuhkan jenis ini supaya lebih mudah dalam menyeleksi calon pegawai yang melamar pekerjaan.

4. Keterampilan

Bagi seseorang yang masih fresh graduate dan belum mempunyai pengalaman kerja maka dapat memakai jenis riwayat hidup keterampilan. Dalam dokumen Anda bisa menuliskan pengalaman organisasi dan keterampilan yang dimiliki. Usahakan mempunyai keahlian khusus supaya perusahaan tidak ragu dalam menerima Anda sebagai pegawai.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Contoh daftar riwayat hidup yang biasa dipakai dalam melamar kerja dapat ditemui melalui dokumen tulisan atau bentuk word. Format yang ditulis dalam riwayat hidup tiap orang hampir sama mulai dari data diri pribadi, riwayat pendidikan, pekerjaan, dan kontak. Namun, Anda harus menulis riwayat hidup secara menarik agar pimpinan perusahaan bersedia membaca dokumen tersebut.

Baca juga:

Tinggalkan komentar