close

Apa Yang Dimaksud dengan Daya Tahan

Daftar Isi

Pengertian Daya Tahan Tubuh

Daya tahan yang ada di dalam tubuh adalah kemampuan yang dihasilkan untuk menjaga kondisi badan agar tidak mudah diserang penyakit. Anda bisa mengkonsumsi makanan sehat agar tubuh bugar. Selain itu olahraga juga penting dilakukan secara berkala karena mampu membuat daya tubuh meningkat. Jadi Anda perlu menerapkan pola hidup diatas dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis-Jenis Daya Tahan

1. Pernafasan

Bagi Anda yang ingin meningkatkan ketahanan pernafasan bisa mencoba olahraga renang. Jika dilakukan secara rutin maka Anda akan memperoleh hasil yang maksimal. Hitung pernafasan selama berada di air agar mengetahui tingkat kesehatan paru-paru. Ketahanan ini sangat diperlukan untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit jantung dan organ dalam lain yang berbahaya.

2. Otot

Ketahanan otot bisa dicoba dengan beberapa macam cara salah satunya latihan push up atau sit up. Anda dapat melakukan kebiasaan olahraga ini setiap hari dalam hitungan waktu beberapa menit saja. Otot yang ada di dalam tubuh akan lebih sehat jika seseorang olahraga rutin. Selain itu Anda bisa pula datang ke tempat gym jika ingin melatih ketahanan otot untuk kesehatan tubuh.

3. Lengan

Latihan pull up menjadi ketahanan lengan yang sering dilakukan oleh beberapa orang. Menjaga lengan yang sehat sangat penting dengan melakukan latihan ringan. Anda juga dapat mencoba senam aerobik dengan menggerakkan kedua lengan secara bergantian. Jadi pilihan olahraga itu sangat penting untuk ketahanan lengan.

4. Kaki

Ketahanan kaki dapat dilatih dengan olahraga bersepeda dalam durasi waktu tertentu. Anda bisa menentukan jarak tempuh sepeda untuk melatih otot kaki. Tak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan posisi tubuh agar tidak salah selama bersepeda. Olahraga jenis ini sangat mudah dilakukan oleh siapapun.

Contoh daya tahan

Contoh lain dari daya tahan tubuh yang marak dijumpai seperti latihan stretching break, yoga, serta jogging. Olahraga tersebut bisa membuat kondisi tubuh lebih sehat dan kuat dalam menyerang kuman yang masuk. Jadi Anda tidak mudah sakit jika melakukan olahraga rutin.

Baca juga:

Tinggalkan komentar