close

Apa Yang Dimaksud dengan Offside

Daftar Isi

Pengertian Offside Pada Sepak Bola

Offside atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan luar posisi merupakan sebuah peraturan sepak bola yang tertulis pada Law of the Game nomor 11 milik FIFA. FIFA sendiri merupakan sebuah organisasi dunia yang mengatur segala hal tentang sepak bola. Untuk mengetahui apakah seorang pemain melakukan pelanggaran luar posisi merupakan tugas dari asisten wasit atau wasit garis.

Penjelasan Tentang Offside

Berikut adalah beberapa hal seputar luar posisi.

1. Syarat Seorang Pemain Dikatakan Offside atau Luar Posisi

Untuk bisa dikatakan luar posisi ada beberapa syarat yang harus dilakukan oleh seorang pemain. Syarat-syarat tersebut adalah pemain berada di kawasan pertahanan lawan, kemudian pemain tersebut lebih dekat dengan garis gawang jika dibandingkan dengan bola, dan terakhir hanya ada 1 pemain (kiper) atau tidak ada pemain sama sekali yang berada di depan pemain tersebut ketika melakukan penyerangan ke jantung pertahanan lawan.

Jika semua persyaratan tersebut sudah terpenuhi maka asisten wasit atau wasit garis akan mengangkat bendera tanda terjadi pelanggaran luar posisi. Hal tersebut bisa diketahui karena seorang wasit garis akan terus berlari mengikuti arah pertahanan lawan untuk melihat posisi setiap pemain.

2. Hukuman Offside atau Luar Posisi

Saat seorang pemain kedapatan melakukan pelanggaran luar posisi maka permainan akan diberhentikan sementara untuk memberikan hadiah tendangan bebas kepada tim yang dilanggar. Permainan akan dilanjutkan kembali ketika bola sudah ditendang dari titik terjadinya pelanggaran.

3. Syarat Seorang Pemain Tidak Melakukan Offside

Seorang pemain bisa dikatakan melanggar luar ruangan jika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibandingkan bola. Namun, pemain tersebut bisa dikatakan tidak melakukan pelanggaran apabila membiarkan bola terus bergulir tanpa menyentuhnya. Ada juga beberapa kondisi yang tidak akan dikenakan pelanggaran luar ruangan seperti tendangan goal kick, tendangan pojok, lemparan kedalam, dan menerima umpan dari lawan.

Untuk contoh kondisi atau posisi yang membuat seorang pemain dikatakan offside atau luar posisi adalah menerima umpan dari tendangan bebas dan menerima operan di saat penyerangan ke arah area pertahanan lawan. Meskipun pemain tidak merasa melakukan pelanggaran namun wasit garis akan terus melihat posisi setiap pemain dengan teliti.

Baca juga:

Tinggalkan komentar