Apa Yang Dimaksud dengan Ovipar

Pengertian Hewan Ovipar 

Hewan berkembang biak dengan cara bertemunya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina. Cara perkembang biakan hewan yang seperti ini disebut dengan perkembangbiakan generatif, sedangkan pada tumbuhan selain generatif dikenal juga perkembangan vegetatif. Perkembangan generatif dalam kingdom animalia dibagi menjadi 3 yaitu ovipar, vivipar dan ovovivipar. Ketiganya memiliki ciri yang berbeda. Ovipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur.

Ovipar dalam proses perkembangbiakan melepaskan sel benih baik jantan maupun betina di luar dari tubuh, pada sistem reproduksi ini akan terjadi kopulasi dengan sel telur yang dilepaskan berupa permeable. Pada proses reproduksi hewan yang bertelur adalah betina atau indukan. kelompok dari hewan ini akan mengeluarkan telur di luar tubuh kemudian telur itu akan berkembang menjadi embrio dengan cadangan makanan didapatkan dari dalam telur.

Setelah proses pertumbuhan telur akan menetas sehingga keluar dari cangkang telurnya, yang berbentuk individu baru. Selanjutnya mari kita bahas mengenai ciri-ciri dari hewan ovipar.

  • Bertelur dan mengerami telurnya dalam jangka waktu tertentu
  • Hewan yang berkembang biak dengan ovipar tidak memiliki daun telinga
  • Indukan tidak memiliki kelenjar susu karena umumnya memang tidak menyusui anaknya
  • Menjaga anakannya sampai tubuh cukup dewasa untuk bisa bertahan hidup sendiri.

Contoh dari hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah hewan dari kelompok unggas, kelompok ikan, reptil dan ambfibi.

1. Hewan Unggas

Unggas adalah kelompok yang paling banyak berkembang biak dengan cara ovipar. Contoh hewan unggas ovipar adalah ayam, angsa, bebek, itik dan burung. Telur dari hewan unggas bahkan bisa dijadikan sebagai bahan makanan manusia karena mengandung banyak protein seperti telur ayam dan telur bebek.

2. Ikan

Jenis ikan yang berkembang biak dengan cara ovipar banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk dibudidayakan contoh ikan ovipar adalah nila, lele, dan ikan mas. Budidaya ikan ovipar memang paling mudah dilakukan karena sekali bertelur ikan bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan telur.

3. Hewan Reptil

Jenis hewan reptil ada juga yang berkembang biak dengan cara bertelur. Contoh reptil ovipar adalah kura-kura, tokek, biawak, cicak, kadal, bunglon dan buaya. Hewan reptil umumnya memiliki masa pengeraman telur yang cukup lama dibandingkan dengan unggas ataupun ikan.

4. Hewan Amfibi

Hewan amfibi yang berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar ada katak dan juga kodok. Amfibi sebenarnya melakukan reproduksi dengan dua cara yaitu fertilisasi internal dan eksternal.

Baca juga:

Tinggalkan komentar