Apa Yang Dimaksud dengan Qanaah

Daftar Isi

Pengertian Qanaah

Qanaah merupakan salah satu dari bagian muamalat di dalam ajaran agama Islam. Secara bahasa, kata ini mempunyai arti sebagai rela atau merasa cukup. Sementara secara istilah memiliki artian rela atau merasa cukup dengan apa yang telah dikaruniai atau diberikan dari Allah SWT. Dari istilah ini dapat digambarkan bahwa sebetulnya inti pengertiannya adalah rasa pasrah.

Memahami Lebih Dalam Tentang Qanaah

Berikut ini beberapa cara untuk menerapkan sikap tersebut dalam kehidupan.

1. Bersyukur Kepada Allah SWT

Bersyukur menjadi kunci utama dalam menerapkan sikap ini di kehidupan sehari-hari. Bersyukur berarti berterima kasih terhadap Allah yang sudah mengaruniai rezeki. Banyak atau sedikit rezeki itu haruslah disyukuri sebab Allah berjanji akan melebihkan karunia bagi seseorang yang pandai dalam bersyukur.

2. Menjaga Keimanan Kepada Allah SWT

Hamba yang beriman kepada Allah tentu akan berusaha untuk meninggalkan segala larangan-Nya. Berusaha patuh kepada Allah ketika memperoleh karunia ataupun ketika tertimpa cobaan. Dengan begitu, ketakwaan dan keimanan kepada Allah adalah modal utama supaya seseorang terbiasa dengan sikap rela atau merasa cukup ini.

3. Memahami Hikmat dari Perbedaan Rezeki

Rezeki yang diberikan Allah kepada setiap hamba memang berbeda. Ada yang diberikan rezeki dengan melimpah, namun ada pula yang diberikan kekurangan. Tetapi, perbedaan itu bukan alasan untuk tak bersyukur, melainkan sebagai suatu hikmah bahwa setiap hamba bisa menunjukkan rasa syukur dengan cara yang beda-beda juga.

4. Tak Mudah Putus Asa

Bagaimanapun berat ujian yang dihadapi, seorang hamba Muslim haruslah meyakini bahwa ujian tersebut sesuai dengan kemampuan. Pasalnya, Allah tak akan memberikan suatu ujian kepada hamba yang tak mampu menghadapinya. Untuk itu, tiap umat tak boleh putus asa dengan cobaan yang menimpanya dan wajib berusaha untuk mencari jalan keluar demi menyelesaikan masalahnya.

Bersikap qanaah di dalam kehidupan dapat mendatangkan berbagai manfaat untuk setiap orang yang menerapkannya. Berbagai manfaat tersebut yaitu jiwa menjadi tenteram, terhindari dari sifat dengki dan tamak, hati menjadi sabar dan tabah, terhindar dari keresahan dan kekhawatiran, serta selalu puas dengan nikmat dari Allah.

Baca juga:

Tinggalkan komentar