close

Apa Yang Dimaksud dengan Ceramah

Daftar Isi

Pengertian Ceramah

Ceramah adalah jenis keterampilan lisan ataupun yang lebih populer dengan keterampilan public speaking. Secara umum, ini adalah kegiatan berbicara di depan khalayak umum guna menjelaskan, memaparkan pikiran, informasi, maupun gagasan kepada pendengar yang sifatnya persuasif. Akan tetapi, bukan berarti informasi yang disampaikan dalam kegiatan ini hanya dapat dilakukan secara lisan juga, karena ada pula yang dituangkan dalam bentuk teks atau tulisan.

Struktur Ceramah

1. Salam Pembuka

Struktur yang paling pertama dan wajib dilakukan oleh penceramah dalam salam pembuka. Salam pembuka ini tentu saja dipakai untuk menyapa seluruh khalayak yang datang. Penceramah yang baik pastinya harus mampu menarik perhatian dan minat pendengarnya.

2. Pembukaan

Setelah salam pembuka, maka struktur yang berikutnya barulah pembukaan. Untuk pembukaan ini juga masih termasuk bagian awal yang isinya adalah ungkapan syukur dan penghormatan. Ada pula kalimat pengantara yang akan mengarah kedalam topik pembahasan.

3. Isi Ceramah

Bagian ini adalah inti dari hal yang dijelaskan atau disampaikan oleh penceramah kepada seluruh pendengar. Di dalam isi ada sebuah gagasan yang menjadi bagian inti mengenai ide pokok yang hendak disampaikan penceramah kepada orang-orang yang mendengarnya. Isi yang baik yaitu memuat 1 gagasan besar yang dapat dikembangkan menjadi beberapa sub-topik.

4. Penutupan

Untuk bagian penutupan ini pada umumnya akan berisi suatu penegasan kembali atas berbagai pernyataan sebelumnya yang sudah disampaikan pada bagian isi. Selain itu, beberapa penutupan juga akan berisi kesimpulan serta saran apabila memang ada.

5. Salam Penutup

Struktur yang paling terakhir adalah salam penutup. Bagian ini tentu saja setara dengan salam pembuka. Dalam salam penutup ini, maka penceramah harus mengakhiri pembicaraan dengan salam atau kata penutup yang baik.

Jenis-jenis kegiatan ini sendiri dibagi menjadi dua. Pertama adalah ceramah khusus, dimana tujuan untuk memberi sebuah petunjuk atau nasihat terhadap khalayak tertentu serta sifatnya khusus, baik dari segi materi ataupun lainnya. Kedua adalah ceramah umum, dimana tujuannya guna memberi informasi kepada khalayak ramai maupun masyarakat luas.

Baca juga:

Tinggalkan komentar