close

Apa Yang Dimaksud dengan Brosur

Daftar Isi

Pengertian Brosur

Agaknya semua orang pasti sudah familier dengan istilah brosur terutama jika bergelut di dalam industri kreatif dan periklanan. Pemakaian istilah ini umumnya merujuk pada media yang dipergunakan selama proses promosi dengan harapan target pasar akan memiliki ketertarikan dan mau melakukan suatu transaksi khusus. Biasanya, media tersebut didesain berbentuk lembaran per lembaran dan dibagikan kepada publik.

Jenis-jenis brosur

Berikut adalah jenis-jenisnya untuk melengkapi pemahaman Anda.

1. Full colour

Ditinjau dari pewarnaan, media ini salah satu bentuknya akan tampak dalam desain penuh warna. Umumnya memadukan nuansa magenta, cyan, hitam, dan kuning. Tujuan pembuatannya untuk membuat orang lebih tertarik mengingat desainnya memang terbilang estetis. Meski begitu, dibutuhkan dana yang relatif lebih besar per unitnya jika Anda ingin mencetak media promosi full colour.

2. Hitam putih

Pernah melihat selebaran yang hanya mengombinasikan dua warna yaitu hitam dan putih? Dalam dunia desain, sebenarnya pemanfaatan dua warna dasar ini sudah sangat lumrah dan biasanya dipilih untuk menekan akumulasi pengeluaran. Bagaimanapun, tarif atas media promosi yang hitam dan putih jauh lebih murah dibandingkan dengan yang memiliki banyak warna.

3. Satu sisi

Media ini pada dasarnya hanya menampilkan salah satu sisi saja sebagai sarana promosi. Dengan kata lain, Anda bisa menemukan berbagai macam kalimat iklan di salah satu sisinya, tetapi tidak dengan sisi lainnya.

4. Dua sisi

Sementara itu, media promosi dua sisi membuat tampilannya jadi tampak lebih cantik dan minimalis. Jika ingin menyertakan banyak penawaran dalam selebaran yang dibagikan, sebaiknya manfaatkan saran promosi jenis ini agar pengeluaran dapat ditekan seminimal mungkin. Hanya saja, untuk jumlah penawaran sedikit di mana bisa dimuat hanya pada satu halaman, sebaiknya atur agar sesuai proporsi tersebut.

Ada banyak contoh brosur yang bisa Anda temukan dalam beraktivitas setiap harinya, baik sengaja ataupun tidak. Tidak jarang pembuatnya akan menghampiri Anda tanpa diminta guna menawarkan penawaran terkait produk tertentu. Apakah itu berwarna maupun hitam putih, satu sisi atau dia sisi, semuanya memiliki tujuan distribusi yang sama yakni menambah konversi penjualan. Selebaran dari penjual makanan, misalnya, sering dibagikan di pusat perbelanjaan.

Baca juga:

Tinggalkan komentar